Naik Bus Dari Changi Airport Ke Johor Bahru

Bus TS1 yang membawa kami dari Changi Airport ke Johor Bahru

Pada bulan Agustus 2016 lalu kami pergi ke Legoland Malaysia via Changi Airport, Singapura. Awalnya saya merancang perjalanan Singapura - Johor Bahru menggunakan bus dari Queen Street Terminal, namun rencana tiba-tiba berubah karena kami memutuskan untuk mencari oleh-oleh di Bugis Street terlebih dahulu sebelum berangkat ke Johor Bahru. Si Ayah keberatan kalau harus menyeret-nyeret koper di Bugis Street. Well, kopernya emang berat sih, hampir 20kg, jadi emang bikin males kalau harus dibawa-bawa. Hehehe. Akhirnya kami mencari tempat penitipan koper di Terminal 2 Changi, lalu berangkat ke Bugis Street.

Beres urusan beli oleh-oleh, kami kembali ke Changi untuk mengambil koper dan bersiap naik bus ke Johor Bahru. Bus yang kami naiki adalah TS1 dari perusahaan Transtar. Pick up point di Terminal 2 berada di Arrival Hall Coach Bay 9/10. Jika naik bus ini dari Terminal 1 dan 3, pick up points-nya ada di : Level 2, Departure drop off point (Terminal 1) dan Arrival Hall Coach Bay 1 (Terminal 3).

Tarif & Jadwal
Tarif bus untuk dewasa adalah SGD 10 dan anak-anak SGD 5. Si bocah yang berusia 9 tahun sudah dikenakan tarif dewasa. Saya kurang tahu batasan umur untuk anak-anak itu berapa tahun. Saya cek di web-nya juga tidak ada keterangannya. Usahakan untuk menyiapkan uang pas saat membayar tiket bus ini. Uang tiket diserahkan langsung ke supir di dalam bus. 
Update : menurut info dari seorang member grup backpacker di Facebook, pembayaran bus TS1 bisa menggunakan EZ Link Card dengan tarif SGD 9.

Jadwal keberangkatan bus TS1 dari Terminal 2 Changi adalah : 08.15, 10.15, 11.15, 12.15, 14.15, 15.15, 16.15, 17.15, 18.15, 19.15, 21.15, 23.15. Untuk keberangkatan dari Terminal 3 waktunya ditambah 5 menit dan untuk Terminal 1 ditambah 10 menit dari jadwal tersebut. Datanglah 10 menit sebelum jadwal keberangkatan di pick up points karena bus tidak berhenti lama menunggu penumpang. Jadi lebih baik datang duluan daripada ketinggalan bus.

Bus hanya menunggu 15 menit di imigrasi. Dan dilarang makan minum selama di dalam bus.

Oh ya, di dalam bus ini dilarang makan dan minum. Jadi sebelum naik bus pastikan perut sudah terisi ya. Perjalanan dari Changi Airport ke Johor Bahru memakan waktu sekitar satu jam.


Di Imigrasi
Hal yang harus diperhatikan saat kita memilih bus sebagai moda transportasi untuk menyeberang perbatasan Singapura-Malaysia adalah pada saat di imigrasi semua barang bawaan harus dibawa turun, sementara bus hanya menunggu selama 15 menit saja. Lumayan deh jadinya ngos-ngosan karena kami harus berjalan ekstra cepat sambil menggeret koper. Eh, Si Ayah sih yang bertugas nyeret-nyeret koper. Kalau saya tugasnya mengawasi bocah 9 tahun yang langkahnya belum secepat dan selebar orang dewasa, supaya dia tidak ketinggalan. Duh maaf ya Kak, kamu jadi harus berlari-lari mengikuti langkah kami. Walhasil kami bertiga ngos-ngosan gitu lah. Hahaha. Maka demi alasan kepraktisan dan menghindari drama ngos-ngosan lagi, saat kembali dari Johor Bahru menuju Singapura kami memilih menggunakan taksi (Yang ingin tahu ceritanya, bisa cek di sini ya : Johor Bahru - Singapura : Menyeberang Perbatasan Menggunakan Taksi).


- arry -  

 Bus TS 1
Website : www.regentstar.travel/crossborder/
Jam keberangkatan : 
Bus pertama dari Changi berangkat jam 08.15 dan terakhir jam 23.15. 
Bus pertama berangkat dari JB CIQ jam 05.15 dan terakhir jam 21.15  
Tarif : SGD 10 dewasa, SGD 5 anak-anak (dari Changi)
MYR 10 dewasa, MYR 5 anak-anak (dari JB CIQ)




Info lain seputar perjalanan kami 4H3M di Singapura dan Legoland bisa dibaca di sini :

* Petualangan kami di Singapura & Legoland Malaysia : Ngebolang Bareng Bocah : 4H 3M SIngapura & Legoland Malaysia.
* Pilihan kartu transportasi di Singapura : EZ Link Card Atau STP, Pilih Mana?
* Review hotel di Singapura : Hotel Nuve, Singapura
* Review hotel di Johor Bahru : Hotel Citrus, Johor Bahru.

You Might Also Like

0 komentar