Laptop HP Spectre x360 2019 : Performa Handal Berbalut Desain Elegan


Seiring dengan perkembangan zaman, laptop saat ini tidak cuma dianggap sebagai perangkat penunjang kerja semata, namun juga merupakan bagian dari gaya hidup penggunanya. Maka tak heran kalau desain laptop pun makin memperhatikan segi estetika, tidak hanya sekedar menonjolkan performa. Produsen-produsen laptop ternama pun bersaing meluncurkan aneka produk premium yang tidak cuma handal dipakai bekerja, namun juga terlihat stylish saat ditenteng. Hewlett Packard alias HP sebagai salah satu produsen laptop dengan reputasi tinggi juga tak mau ketinggalan, dan baru-baru ini merilis laptop premium HP Spectre x360 edisi 2019, sebuah laptop yang tak hanya memiliki performa yang mumpuni, namun juga memiliki desain yang elegan dan stylish.

Dalam rangka peluncuran produk barunya tersebut, HP menggelar roadshow di beberapa kota di Indonesia. Di Jogja, acara launching HP Spectre x360 ini diselenggarakan di Roaster and Bear, Hotel Harper pada 13 Desember 2019 lalu, dan dihadiri oleh tamu undangan dari pihak distributor, media, dan blogger. Acara ini dibuka oleh Hansen Wijaya, Indonesia Consumer Personal System Lead, yang memperkenalkan inovasi PC Premium, HP Spectre x360. Acara kemudian dilanjutkan dengan demo produk oleh Catur Nugroho, Product Trainer HP Indonesia. Pada sesi ini juga dijelaskan mengenai desain dan spesifikasi laptop premium terbaru keluaran HP ini.

Hansen Wijaya, HP Indonesia Consumer Personal System Lead.
(Doc : HP Indonesia)

Desain HP Spectre x360

HP Spectre x360 edisi 2019 ini merupakan perbaikan dari versi sebelumnya yang diluncurkan tahun lalu. Sama-sama berdesain konvertibel dan memiliki ukuran layar 13 inch, namun versi terbaru HP Spectre x360 ini memiliki ukuran bodi yang lebih kecil dan performa yang jauh lebih baik daripada seri pendahulunya. 

Catur Nugroho, Product Trainer HP Indonesia.
(Doc : www.iniarry.com)

Dengan dimensi panjang 30.67 cm dan lebar 19.45 cm, serta bobot 1.3 kg,  HP Spectre x360 terbaru ini berukuran 13% lebih kecil dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dimungkinkan karena layarnya memiliki bezel tipis di ketiga sisinya, dengan rasio screen-to-body sebesar 90%. Walau bezel di bagian atas layarnya tipis namun kamera pada laptop ini posisinya tetap di bagian atas layar. Mengikuti ketipisan ukuran bezel, kamera yang disematkan di laptop ini pun mengalami penyesuaian ukuran. Pada laptop ini dipilihlah kamera dengan modul 2.2 mm. Meski mengecil, kameranya masih dilengkapi dengan infrared beresolusi 720P @30FPS.

Laptop konvertibel ini hadir dalam dua warna pilihan, yakni Nightfall Black (dengan aksen Copper Luxe) dan Natural Silver. Tampilan bodi keseluruhan masih mirip dengan generasi sebelumnya, dengan desain gem-cut yang menawan. Menggunakan material alumunium, desain unibody pada laptop ini dibentuk dengan mesin potong CNC alumunium. 

Termasuk ke dalam jenis laptop konvertibel yang bisa dilipat hingga 360º, HP Spectre x360 ini memiliki empat mode penggunaan, yaitu notebook mode, tent mode, display mode, dan tablet mode. Layarnya merupakan layar sentuh dengan pelindung Corning Gorilla Glass dan dilengkapi dengan anti reflection glass untuk mengurangi pantulan bayangan pada layar, yang terntu sangat berguna saat laptop digunakan di luar ruangan.

HP Spectre x360 - Tent mode (Doc : HP Indonesia)

Spesifikasi HP Spectre x360

HP Spectre x360 terbaru ini hadir dalam empat tipe yang berbeda dari segi jenis CPU, kapasitas storage, layar panel, dan RAM. Perbedaan di antara keempatnya bisa dilihat pada tabel berikut ini :


HP Spectre x360 terbaru ini memiliki performa dua kali lipat lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Peningkatan performa pada laptop ini didukung oleh prosesor quad-core 10th Gen Intel® Core™dengan Iris® Plus Graphics yang hadir pertama kalinya pada laptop konvertibel HP.

Untuk keperluan content creation, HP Spectre x360 dengan RAM 16 GB DDR4 cukup tangguh  ketika digunakan untuk rendering video. Yang menarik juga, meskipun bukan kategori laptop gaming namun game seperti PES 2019 (Pro Evolution Soccer) dan GTA 5 (Grand Theft Auto) bisa dimainkan di laptop ini. Bahkan game kategori eSport Game seperti DotA 2 (Defense of the Ancient) juga bisa dimainkan tanpa kendala di laptop tipis berdesain elegan ini.

Sama seperti generasi pendahulunya, HP Spectre x360 edisi 2019 juga menggunakan layar berukuran 13 inch dengan dua pilihan jenis, yakni panel IPS Full HD dengan Color Gamut 100% sRGB dan 4K AMOLED HDR dengan Color Gamut 100% DCI-P3. Pilihan yang pertama menawarkan kelebihan penggunaan baterei yang lebih irit, sementara layar 4K AMOLED menawarkan gambar yang lebih tajam dan kaya warna.

Tak hanya mata yang dimanjakan, dua buah speaker berkualitas tinggi keluaran Bang & Olufsen yang disematkan pada laptop hybrid mewah ini juga siap memanjakan telinga penggunanya. Ditambah lagi dua buah speaker merdu ini ditandemkan dengan HP Audio Boost, menjadikan laptop premium ini sangat cocok untuk menikmati konten multimedia.

Di sisi networking/wireless connectivity, laptop ini dilengkapi dengan Intel® Wi-Fi 6 (802.11x) dan Bluetooth 5 Combo. Keberadaan Wi-Fi 6 pada HP Spectre x360 menjadikannya sebagai laptop pertama di Indonesia yang menggunakan standar Wi-Fi terbaru. 

Untuk meningkatkan keamanan pengguna, laptop konvertibel ini dilengkapi dengan fitur HP Webcam Kill Switch. Fitur ini menjaga pengguna dari webcam hacking dengan cara menggeser tombol on/off untuk mematikan fungsi webcam saat tidak digunakan. Tak hanya itu, laptop konvertibel ini juga dilengkapi tombol khusus untuk menyalakan dan mematikan mikrofon, yaitu di tombol F12. Di samping kanan touchpad terdapat pembaca sidik jari yang dapat digunakan pengguna laptop ini untuk masuk ke Windows 10 tanpa perlu memasukkan password

HP Spectre x360 - Notebook mode (Doc : HP Indonesia)

Guna mendukung pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, HP Spectre x360 didukung oleh baterei dengan kapasitas masa pakai hingga 22 jam dalam sekali charging. Hal ini menjadikannya sebagai laptop dengan daya tahan baterei terlama di dunia untuk kelas laptop konvertibel. Dilengkapi dengan fitur fast charging, pengisian daya pada laptop ini tidak memakan waktu lama. Di 30 menit pertama daya yang terisi adalah sebesar 44%, dan laptop ini butuh waktu 2 jam 12 menit untuk mendapatkan daya pada posisi fully charged.

Harga HP Spectre x360

Harga yang ditawarkan HP Spectre x360 terbaru ini adalah mulai dari Rp.19.999.000. Sementara untuk model dengan spek paling tinggi, harganya dibanderol Rp.28.999.000. Untuk setiap pembelian HP Spectre x360 tipe apapun, HP memberikan bonus berupa HP USB Type C multiport hub, HP Stylus active pen, HP Z-5000 bluetooth mouse, dan leather sleeve.

Layanan Purna Jual HP Spectre x360

Untuk laptop kelas premiumnya ini HP memberikan garansi 2 tahun dengan HP Premium Service yang meliputi :
  • Layanan antar jemput gratis di 300 kota di Indonesia.
  • Layanan antar jemput 24/7 untuk kota Jakarta dan Surabaya.
  • Layanan '30 minutes solved' untuk keluhan seputar baterei, keyboard, charger, dan memori dengan melakukan booking terlebih dahulu ke service centre HP melalui telepon atau via aplikasi android MyHP.
Bersama rekan-rekan blogger di acara peluncuran HP Spectre x360 di Roaster and Bear, Hotel Harper, Yogyakarta.
(Doc : Riana Dewi)

Desain keren, performa tangguh, bonus berlimpah, layanan purna jual premium. So, tunggu apa lagi? Untuk yang sedang mengincar laptop kelas premium, HP Spectre x360 ini sangat layak dipertimbangkan untuk dimiliki.


- arry - 

Email : arrywastuti@gmail.com
IG : @arrywastuti



Hewlett Packard Indonesia
Prudential Centre Kota Casablanca Lt.10
Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.
Website : www8.hp.com


You Might Also Like

0 komentar

Komentar Anda dimoderasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya :)

Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dan saya akan membalasnya. Sering-sering berkunjung ya, untuk mengecek dan membaca artikel lainnya di blog ini. Terima kasih. Maturnuwun. Thank you. Danke.