EZ Link Card Atau Singapore Tourist Pass, Pilih Yang Mana?

Cara terasik mengeksplor Singapura menurut saya adalah dengan naik MRT-nya. Asli, gampang banget mempelajari peta MRT Singapura. Anak saya yang baru 9 tahun saja cuma butuh waktu 1 jam untuk mempelajari peta MRT yang kami ambil waktu mendarat di Changi, dan dia langsung mengerti bagaimana cara membaca peta tersebut. So buat yang pertama kali ke Singapura dan memilih untuk traveling mandiri tanpa didampingi agen travel, no need to worry deh ya soal transportasi publik di Singapura ini ;)


Untuk naik MRT dan bus di Singapura kita bisa pilih cara pembayaran tunai atau menggunakan kartu. Menurut saya menggunakan kartu jauh lebih praktis karena kita nggak perlu antri beli tiket di loket setiap akan naik MRT atau bus, dan nggak perlu ribet nyiapin uang koin untuk pembayaran. Ada dua pilihan kartu transportasi di Singapura : EZ Link Card dan Singapore Tourist Pass (STP). Kartu STP sendiri ada dua jenis, yaitu STP dan STP+. Saya pribadi waktu mencari-cari informasi tentang kartu transportasi di Singapura tidak mencari info tentang STP+. Jadi yang saya ceritakan di sini hanya STP standar dan EZ Link Card aja ya.

EZ Link Card
* Harga kartu : SGD 12, berisi saldo SGD 7 (SGD 5 adalah harga kartunya). Di Seven Eleven bisa dibeli dengan harga SGD 10 (saldo SGD 5, harga kartu SGD 5).
* Masa berlaku : 5 tahun.
* Minimal top up : SGD 10
* Selain di Seven Eleven, EZ Link Card bisa dibeli di Transit Link Ticket Office. Daftar lokasinya bisa dilihat di sini.
* Penggunaan EZ Link Card ini sesuai tarif yang berlaku. Saldo dalam kartu akan terpotong saat kita menggunakan kartunya. Saldo minimal untuk penggunaan kartu ini adalah SGD 3. Jika saldo di bawah itu maka kartu tidak bisa digunakan.


EZ Link Card milik kami. Si Bocah protes kenapa warnanya pink. Ya gimana lagi, waktu itu pas lagi temanya My Melody jadi ya terpaksa harus rela dapat kartu yang warnanya pink :D


Singapore Tourist Pass (STP)
* Tersedia dalam 3 pilihan : 1 day, 2 day, dan 3 day pass.
* Harga untuk 1 day pass adalah SGD 10, 2 day pass harganya SGD 16, dan 3 day pass harganya SGD 20. Harga tersebut berlaku untuk penumpang dewasa dan anak-anak di atas 3 tahun.
* STP bisa dibeli di Transit Link Ticket Office yang daftarnya bisa dilihat di sini.
* Penggunaan STP tidak terbatas, dan dapat digunakan sepanjang hari berlakunya kartu (mengikuti jam operasional bus dan MRT).
* Pembelian STP memerlukan deposit sebesar SGD 10 yang bisa diambil kembali maksimal 6 hari sejak tanggal pembelian. Saat pengambilan deposit kartu STP harus dikembalikan. Daftar tempat pengambilan deposit bisa dilihat di sini.
* STP yang sudah melewati batas waktu pemakaiannya bisa digunakan sebagai EZ Link Card dengan cara men-top up saldo minimal SGD 10. Ketentuan penggunaannya kemudian mengikuti ketentuan EZ Link Card.


Sumber foto : http://thesingaporetouristpass.com.sg

Jadi, pilih yang mana nih, EZ Link Card atau STP? Kalau di Singapura kamu banyak menggunakan bus dan MRT, mending pakai STP karena jatuhnya lebih hemat. Sementara kalau kamu lebih banyak menghabiskan waktu di satu tempat dan tidak banyak berpindah-pindah lokasi menggunakan MRT atau bus, maka EZ Link Card lebih pas untuk dijadikan pilihan, apalagi kalau kamu menginginkan kartunya bisa dibawa pulang untuk kenang-kenangan pribadi. Hehe.

arry -


EZ Link Card 
http://www.ezlink.com.sg

Singapore Tourist Pass (STP)
http://thesingaporetouristpass.com.sg

You Might Also Like

0 komentar