Mencicip Lezatnya Kuliner Nusantara Di Warung Tekko Jogja City Mall


Minggu pagi pukul 09.45, saya bergegas menaiki tangga lobi Jogja City Mall (JCM). Mall di bilangan utara Jogja ini tentu saja belum buka, karena jam operasional mall adalah pukul 10.00. Untungnya, Warung Tekko JCM yang menjadi tujuan saya hari itu lokasinya di sisi luar mall sehingga memiliki akses dua pintu, bisa dari dalam mall maupun dari teras luar. Hari itu saya mendapat undangan dari pihak manajemen Tekko untuk menghadiri Food & Travel Blogger Gathering yang diadakan di Tekko JCM. Saya pun bergegas masuk ke dalam area resto Tekko JCM melalu pintu luar.
Kesan pertama yang tertangkap mata saya saat masuk ke resto ini adalah luas dan nyaman. Interiornya bernuansa warna coklat kayu, memberi kesan hangat. Saat mengarahkan pandangan ke atas, mata saya terpaku pada lampu-lampu berdesain unik dan lucu yang menggantung di langit-langit. Duh, rasanya pengen saya bungkus bawa pulang deh itu lampu-lampu, saking lucunya :D Nah, kalau kamu hobi foto-foto, resto ini cocok kamu kunjungi karena banyak spot instagramable yang bisa dipakai untuk berfoto.

Interior Tekko Jogja City Mall

Lampu-lampunya berdesain unik dan lucu

Sekilas Tentang Tekko

Nama Tekko diambil dari dialek Jawa "teko" yang artinya datang. Tekko merupakan restoran keluarga yang berdiri sejak tahun 2009 dan saat ini sudah memiliki 45 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Yogyakarta, Jambi, Palembang, Belitung, dan Batam. Restoran Tekko yang pertama kali berdiri adalah di Pantai Indah Kapuk yang kala itu merupakan satu-satunya restoran di situ yang menyediakan aneka menu nusantara.

Di Jogja, Tekko hadir sejak Desember 2018. Lokasi awalnya adalah di Jl. Affandi Gejayan, namun saat ini Tekko sudah pindah dan menempati lokasi barunya di Jogja City Mall. Lokasi barunya ini menurut saya sangat pas karena membuat Tekko lebih dekat dengan pasar sasarannya. Di akhir pekan mall acapkali menjadi tempat tujuan keluarga untuk bersantai, karena di mall lengkap semuanya tersedia. Ada tempat belanja, tempat windows shopping, tempat bermain anak, dan tempat makan. Mengusung konsep restoran keluarga, Tekko JCM bisa menjadi salah satu alternatif tempat makan untuk para pengunjung Jogja City Mall.

(Doc : Ima Satrianto)

Fasilitas Di Tekko JCM

Acara gathering kali ini diadakan di area private room. Jadi di resto ini ada tiga area yang bisa digunakan oleh pengunjung, yaitu area indoor, outdoor, dan private room. Private room ini merupakan ruangan terpisah, berkapasitas 10 orang. Ruangan ini cocok digunakan untuk rapat kecil, presentasi, dan kebutuhan lainnya. Fasilitas di private room ini meliputi meja kursi untuk 10 orang, AC, dan layar proyektor untuk presentasi. Jika dibutuhkan, pihak Tekko bisa menyediakan sound system. Namun menurut Sidik Kadarsyah, Manajer Marketing Tekko, yang siang itu mendampingi kami, selama ini para tamu yang menggunakan private room biasanya membawa sendiri segala perlengkapan yang dibutuhkan termasuk sound system.

(Dok : Ima Satrianto)

Selain untuk rapat dan keperluan presentasi, Tekko bisa juga dipakai untuk tempat arisan, acara keluarga, maupun acara syukuran wisuda. Menurut Mas Sidik, para tamu yang mengadakan acara di Tekko diperbolehkan mengatur dekorasi sendiri, namun dengan syarat tidak merusak interior resto. Jadi penambahan elemen dekorasi seperti misalnya pemasangan bunga, balon, atau kertas warna-warni, diperbolehkan. Tapi tidak boleh dipasang permanen dengan menggunakan paku, misalnya.

Menu Yang Ditawarkan Tekko JCM

Di Tekko JCM ada banyak sekali menu yang bisa dipilih, yang menurut Mas Sidik jumlahnya ada sekitar 200 macam menu. Menu ini bakal terus bertambah karena setiap bulan Tekko terus berinovasi mengeluarkan menu-menu baru. Jadi jangan takut bosan dengan menu yang itu-itu saja kalau kamu makan di Tekko JCM.

Awas jangan kalap. Pilihan menunya banyaaakkkk :D

Menu-menu yang hadir di Tekko JCM merupakan menu kuliner khas nusantara. Dari Sumatera ada menu Pempek, dari Sulawesi ada menu Konro, dari Betawi ada menu Ketoprak, dan masih banyak lagi. Untuk penggemar sate, bisa memilih menu Sate Ayam, Sate Kambing, atau Sate Maranggi khas Purwakarta. Untuk penyuka ayam, selain sate ayam, alternatif menu pilihan lainnya ada Ayam Penyet dan Ayam Bakar. Penggemar ikan jangan khawatir, karena banyak menu yang bisa dipilih, seperti Bandeng Presto, Gurame Asam Manis, Sup Ikan Gurame, dsb. Menu andalan Tekko JCM sendiri adalah aneka olahan iga sapi. Mulai dari Sup Iga, Iga Bakar, Iga Penyet, dan Iga Bakar Saus Madu. Untuk menu pelengkap, tersedia aneka olahan sayuran, di antaranya adalah Kangkung Hotplate, Oseng Genjer, Jamur Krispi, dll.

Menu Ketoprak nan sedap

Kalau disuruh memilih menu favorit, maka saya akan menunjuk Sate Ayam, Ketoprak, dan Oseng Genjer sebagai menu favorit saya. Saya suka Sate Ayamnya karena bumbu kacangnya enak, gurihnya pas. Begitu juga dengan bumbu Ketopraknya, sedap. Kalau Oseng Genjer, lebih untuk obat kangen saya karena dulu di Bandung sering makan menu ini. Kalau di Jogja, susah mencari tempat makan yang menyediakan menu ini. Tapi di Tekko JCM ternyata ada menu langka ini. Jadi saya nggak perlu mudik kalau nanti kangen dengan Oseng Genjer lagi :D Cukup datang saja ke Tekko JCM.

Oseng Genjer, menu yang terbilang langka di Jogja.

Kalau minumannya bagaimana? Di Tekko JCM ini tersedia aneka minuman panas maupun dingin yang bisa dipilih untuk teman bersantap. Bahkan minuman hangat bernergi seperti Sekoteng dan Wedang Ronde juga tersedia di sini. Kalau favorit saya, saya suka menu Alpukat Kerok, yaitu kerokan alpukat yang diberi topping ala es campur, lalu ditambahkan es serut, air, sirup, dan kental manis. Minuman seperti ini cocok sekali diminum di cuaca terik siang hari. Segar! Segala menu makanan dan minuman di Tekko JCM ini dibalut dalam harga yang cukup ramah di kantong. Untuk menu promo bahkan ada paket mulai dari harga Rp.15.000 sudah termasuk minum.

Es Jeruk Cingcau dan Alpukat Kerok

Jadi sekarang kalau lagi nge-mall di Jogja City Mall jangan bingung lagi cari tempat makan ya. Mampir saja ke Tekko JCM yang punya banyak pilihan menu.


- arry - 




Warung Tekko JCM
Jogja City Mall Lt GF unit 9A 
Jl. Magelang Km 6 No 19, Yogyakarta 
Telp : 0274 - 5304208

You Might Also Like

0 komentar

Komentar Anda dimoderasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya :)

Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dan saya akan membalasnya. Sering-sering berkunjung ya, untuk mengecek dan membaca artikel lainnya di blog ini. Terima kasih. Maturnuwun. Thank you. Danke.