ASUS 30th Anniversary Gathering Di Yogyakarta, Kenalkan Jajaran Laptop Terbaru


Hari Kamis sore 15 Agustus 2019 lalu saya hadir di acara ASUS 30th Anniversary Gathering yang diselenggarakan di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta bersama dengan 40an rekan blogger lainnya. Saat tiba di Ruang Pemandangan 1 yang menjadi tempat dilangsungkannya acara, terlihat sudah banyak teman blogger yang datang. Setelah melakukan registrasi di meja depan, kami dipersilakan menikmati hidangan coffee break yang tersedia, dan tepat pukul 15.40 acara pun dimulai. 

ASUS Memperkenalkan Jajaran Laptop Terbarunya Di Tahun 2019

Paparan oleh Muhammad Firdaus, Head of Public Relations ASUS Indonesia, diawali dengan cerita singkat sejarah berdirinya ASUS, pencapaian yang telah diraih ASUS selama 30 tahun berdiri, serta paparan tentang target dan strategi ASUS memenangkan pasar di tahun 2019 ini. Paparan diakhiri dengan informasi mengenai jajaran produk baru ASUS yang dirilis sepanjang tahun 2019. Untuk tahun ini ASUS tidak mengeluarkan produk smartphone baru, namun banyak menghadirkan aneka seri laptop. Di tahun ini pula ASUS akan kembali masuk ke pasar korporat dengan menghadirkan produk laptop bisnis setelah vakum beberapa waktu lamanya. 

Untuk lini produk laptop, cukup banyak yang dihadirkan ASUS tahun ini, baik kategori maupun tipenya. Penasaran laptop apa saja yang dirilis oleh ASUS tahun ini? Simak informasinya di bawah ini ya.

ASUS VivoBook : Laptop untuk Kawula Muda

Masih setia dengan konsep awalnya yang ditujukan untuk kalangan pelajar dan profesional muda, seri terbaru ASUS VivoBook yang hadir di 2019 ini didesain dengan performa yang mumpuni dengan nuansa warna berkesan muda dan dinamis. VivoBook terbaru ini hadir dalam dua seri berbeda, yakni VivoBook S dan VivoBook Ultra.


VivoBook S diwakili oleh seri S430 dan S330, keduanya memiliki spesifikasi sama, namun yang berbeda adalah ukurannya. VivoBook S S430 berukuran 14", sementara VivoBook S S330 berukuran 13". Kedua tipe laptop ini sama-sama dilengkapi berbagai fitur premium yang hanya dimiliki oleh laptop ASUS, salah satunya adalah teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar tampil dengan bezel yang sangat tipis. Tampilan bezel tipis ini dihadirkan lewat tiga sisi layar (bagian atas dan samping kanan kiri) sehingga saat kita menatap layar akan terasa lebih lega.

Sementara untuk seri VivoBook Ultra, di 2019 ini ASUS menghadirkan tipe A412 dan K430. Selain teknologi NanoEdge Display, kedua tipe ini juga dilengkapi dengan teknologi ErgoLift Design, di mana saat laptop dibuka, bodi laptop akan terangkat 2 derajat yang akan membuat penggunanya lebih nyaman saat mengetik. Selain itu, dengan adanya ruang antara bodi laptop dengan permukaan alas akan membuat cooling process berjalan lebih baik.

VivoBook Ultra A412 disebut-sebut sebagai ultrabook 14" paling colorful dan paling ringkas di dunia dengan pilihan empat warna menarik : trasparent silver, slate grey, peacock blue, dan coral crush. Meski tampilannya ringkas dan ringan namun performanya tetap powerful berkat dukungan kombinasi prosesor 8th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, dan M.2 NVMe PCle SSD.

Pada VivoBook Ultra K430, kelebihan yang jadi andalannya adalah kapasitas baterai yang sangat besar, hingga mampu bertahan sampai 24 jam. Laptop ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang pekerjaannya banyak di luar ruang sehingga jarang bertemu dengan power outlet.


Soal harganya bagaimana? VivoBook Ultra A412 dibanderol dengan harga mulai dari Rp.7.599.000, sementara VivoBook Ultra K430 harganya mulai dari Rp.8.099.000.

ASUS ZenBook : Laptop Paling Ringkas di Dunia

Seri ini merupakan lini laptop premium milik ASUS. Kali ini ia hadir dalam tiga varian : ZenBook 13 UX333 dengan layar 13", ZenBook 14 UX433 yang memilik layar 14", dan ZenBook 15 UX533 yang hadir dengan layar 15". Ketiganya hadir dengan desain dan spesifikasi serupa, termasuk fitur NumberPad yang mengkombinasikan touchpad dengan numpad.

Pada seri ini ASUS menghadirkan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya, yakni ukuran bodi yang lebih ringkas. Dilengkapi dengan teknologi NanoEdge Display, seri ini memiliki bezel layar yang sangat tipis dengan screen-to-body-ratio hingga 92%. Dengan spesifikasi ini, ZenBook UX333 yang berlayar 13" memiliki ukuran yang lebih kecil dari kertas A4 dan di kelasnya dinobatkan sebagai laptop terkecil di dunia.


Selain tiga varian di atas, ASUS juga menghadirkan seri ZenBook dengan spesifikasi lebih mumpuni untuk kalangan profesional kreatif, yaitu ZenBook Pro 14 UX480. Di seri ini ASUS menghadirkan fitur yang tidak ada di laptop lain yang sekelas, yakni ScreenPad, semacam layar kedua dengan fitur khusus yang juga berfungsi sebagai touchpad. Laptop ini dilengkapi dengan Intel Core i7-8565U, yang membuatnya tak hanya handal dalam multitasking, namun juga handal dalam menjalankan aplikasi standar industri kreatif.

Untuk harganya, ASUS membanderol harga yang cukup jauh antara ZenBook dan ZenBook Pro 14. Adapun untuk seri ZenBook, harga yang disematkan adalah mulai dari Rp. 14.299.000, sementara untuk ZenBook Pro 14 harganya adalah Rp.25.999.000.

ASUS ROG : Bermain Game Tanpa Batas

Di kategori gaming, tahun ini ASUS mengeluarkan dua seri laptop terbaru berbasis prosesor 9th Gen Intek Core dan GPU NVIDIA GeForceRTX yang merupakan pertama di Indonesia. Kedua seri laptop gaming ini adalah ROG Zephyrus (ROG Zephyrus S GX502 dan Zephyrus M GU502) dan seri ROG Strix (ROG Strix G dan ROG Strix Scar III/Hero III).


ROG Zephyrus terutama ditujukan untuk para hardcore gamer sekaligus profesional yang membutuhkan laptop ultra tipis dengan performa yang sangat handal. Dengan didukung layar bersertifikasi Pantode Validated, layar ROG Zephyrus terbaru ini mampu menghasilkan warna dengan keakuratan tinggi sehingga cocok digunakan untuk bekerja oleh kalangan profesional. Laptop seri ini memiliki bodi dengan form-factor ultra ringkas yang ketebalannya kurang dari 20 mm. Dengan desain yang tipis dan ringkas, ditambah daya baterai hingga 8 jam, laptop seri ini cocok untuk para profesional yang memiliki mobilitas tinggi.

Untuk para gamer eSport, ASUS menghadirkan ROG Strix yang dilengkapi layar dengan refresh rate hingga 240 Hz dan response time hingga 3 ms, sehingga memungkinkan para gamer eSport merespon lebih cepat setiap aksi dalam game yang dimainkannya. ROG Strix terbaru ini hadir dengan fitur unik bernama Keystone, sebuah perangkat khusus yang memiliki banyak fungsi, seperti menyimpan profil dan pengaturan RGB Backlit hingga menampilkan Shadow Drive (drive penyimpanan tersembunyi yang hanya bisa diakses jika Keystone terpasang).

Penasaran dengan harganya? ROG Zephyrus M GU502 dibanderol dengan harga Rp.25.999 dan ROG Zephyrus S GX502 harganya mulai dari Rp.35.999.000. Sementara untuk ROG Strix G dibanderol mulai dari Rp.14.299.000 dan ROG Strix Scar III/Hero III harganya mulai dari Rp.25.999.000.

ASUSPRO : Lini Laptop Bisnis dari ASUS

ASUSPRO B9440 merupakan laptop bisnis besutan ASUS yang hadir dengan serangkaian fitur khusus untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan, yang di antaranya adalah sistem keamanan data yang lebih baik, durabilitas tinggi dengan sertifikasi standar militer, dan desain ergonomis yang membuat laptop ini dapat digunakan bekerja dalam berbagai kondisi. ASUSPRO B9440 ini berukuran 14" namun memiliki ukuran bodi sekelas laptop 13". Hal ini dimungkinkan berkat teknologi NanoEdge Display yang membuat bezel pada layar laptop ini menjadi sangat tipis, yakni hanya 5.4 mm saja.

Dengan ketebalan bodi 1.5 cm, ASUSPRO B9440 diklaim sebagai laptop bisnis paling tipis di dunia. Ditambah lagi dengan bobotnya yang ringan, hanya 1.05 kg, membuat laptop ini nyaman untuk dibawa dalam sebuah perjalanan bisnis. Dari segi performa, laptop ini tak perlu diragukan lagi. Ia dilengkapi dengan prosesor kencang Intel Core generasi ke-8 dan chip grafis terintegrasi.

Menggunakan bahan magnesium alloy untuk melapisi bodi, menjadikan laptop ini menjadi begitu kokoh, tangguh, namun bobotnya ringan. Ketangguhan laptop bisnis ini sudah melalui serangkaian pengujian, hingga akhirnya ia berhak mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810G.

Instagram Competition, Berfoto Dengan Produk Laptop ASUS

Acara ASUS 30th Anniversary Gathering di Yogyakarta ini diakhiri dengan Instagram Competition, di mana peserta diminta berfoto dengan produk laptop ASUS dan mengunggahnya di akun Instagram masing-masing dengan menyertakan tagar #ASUSinspiring30 dan #ASUSGatheringYogya. Lomba kali ini memperebutkan hadiah utama berupa laptop ASUS X441BA dan hadiah lainnya berupa voucher belanja dan powerbank ASUS Zen Power Slim 6000.



Para peserta dengan penuh antusias mengikuti lomba ini. Masing-masing mengeluarkan gaya andalan ketika berfoto, dan tak lupa berburu spot kece di seputaran Hotel Royal Ambarrukmo yang nuansanya klasik ini. Dapat hadiah laptop, siapa yang nggak mau, coba :D

Meski tidak berhasil mendapat hadiah utama, di lomba kali ini saya sudah sangat senang karena bisa membawa pulang powerbank ASUS Zen Power Slim 6000. Tahun lalu kebetulan saya sudah pernah menulis review ASUS Zen Power Slim 6000 ini. Senangnya sekarang saya malah dapat hadiah powerbank ini. Saya suka dengan bentuknya yang slim, jadi mudah dibawa-bawa saat beraktifitas di luar rumah.



Terima kasih ASUS, atas hadiahnya. Terima kasih juga atas undangan gathering-nya. Semoga bisa berjumpa lagi di event selanjutnya! :)


- arry -


You Might Also Like

6 komentar

  1. Yeay... Keren ya acaranya. Hadiahnya juga mantab...eh itu ada foto perempuan cantik pk coat hijau, siapa dia mb? Salam yaa...ha ha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo...ooo....siapa dia.... Maap aku nggak kenal mbak. Wkwkwkwk

      Hapus
  2. Wah aku mupeng sama Zenbook Pro mbak.. 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti laptop ASUS mu yg kemaren itu buatku aja ya mas. Hahaha

      Hapus
  3. Mbuaaak mbuakkkk kalau aku emang suka laptop yang kecil. biar bawaan pas travelling ga kerasa berat hihihi kayaknya ASUS punya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pilihannya mbak, tinggal tunjuk, bungkuuusss.....eh jangan lupa dibayar dulu yak. Wkwkwkwk

      Hapus

Komentar Anda dimoderasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya :)

Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dan saya akan membalasnya. Sering-sering berkunjung ya, untuk mengecek dan membaca artikel lainnya di blog ini. Terima kasih. Maturnuwun. Thank you. Danke.