Menginap Di Ibis Styles Solo


Beberapa waktu yang lalu saat si Bocah libur sekolah beberapa hari, kami memutuskan jalan-jalan di kota Solo. Kali ini kami ingin menginap, karena sudah beberapa kali kami ke sana namun perjalanan dilakukan pulang pergi di hari yang sama.

Lobi hotel yang bernuansa etnik

Saat memilih-milih hotel, kriteria saya kali ini adalah ingin hotel yang ada kolam renangnya, lokasi strategis, dan harganya bersahabat. Karena berencana menginap dua malam, saya pilih hotel dengan kolam renang, biar si Bocah punya alternatif kegiatan selama kami di Solo. Anaknya sih hobi main air, jadi pasti senang kalau menginap di hotel yang ada kolam renangnya. Masalahnya, setelah mengecek beberapa hotel berbintang di Solo yang ada fasilitas kolam renangnya, ternyata lumayan juga room rate-nya. Penyandang dana utama alias si PakSu pasti akan menolak proposal saya kalau harga hotelnya kemahalan :D Akhirnya pilihan kami jatuh pada Hotel Ibis Styles Solo, hotel bintang tiga dengan fasilitas kolam renang yang harganya masih ramah di kantong kami.

Lokasi hotel ini sangat strategis, hanya berjarak puluhan meter saja dari Jl. Slamet Riyadi yang merupakan salah satu jalan raya utama di kota Solo. Jaraknya dari Stasiun Solo Balapan juga tidak terlalu jauh, kalau naik taksi online ongkosnya Rp.10.000 saja. Beberapa objek wisata kota Solo jaraknya tidak terlalu jauh dari hotel ini. Pura Mangkunegaran, Pasar Antik Triwindu, Kampung Batik Kauman, Museum Batik Danar Hadi, berada dalam radius kurang dari 1 km dari hotel ini.

Bangunan hotel ini tidak terletak persis di pinggir jalan. Jadi yang terlihat dari jalan hanya plang namanya saja. Posisinya persis di sebelah Novotel. Hotel Ibis dan Novotel ini memang satu grup, di bawah bendera Accor International, maka beberapa fasilitas di kedua hotel ini penggunaannya bersama-sama.

Kamar

Saat check in saya meminta kamar non-smoking pada resepsionis yang melayani kami. Kamar kami ternyata ada di lantai 11. Wah malah senang, jadi bisa menikmati pemandangan kota Solo dari ketinggian. Di pagi hari saat cuaca cerah, dari jendela kamar kami bisa melihat duo Merapi Merbabu yang tampak gagah dari kejauhan.

Merapi Merbabu terlihat di kejauhan

Pemandangan kota Solo dari ketinggian lantai 11 Ibis Styles Solo

Kamar yang saya pesan adalah kamar standar dengan double bed. Kondisi kamarnya bersih, begitu pula dengan sprei dan sarung bantal guling serta selimutnya. Sedikit yang disayangkan, ada bagian lantai yang sedikit rusak. Ada bagian yang pecah, seperti tertimpa benda berat. Tapi bukan masalah besar sih, karena posisinya bukan di jalur kami mondar-mandir, jadi aman tidak akan melukai kaki.


Kamar kami ini ukurannya cukup luas, dindingnya berwarna putih dan interiornya diberi aksen etnik  tradisional berupa lampu dengan gambar wayang dan hiasan dinding berupa canting cap yang biasa digunakan dalam proses pembuatan batik cap. Di dalam kamar tersedia fasilitas standar yang cukup lengkap, seperti TV layar datar, kulkas, teko pemanas air, dll. Di hotel ini juga tersedia koneksi internet dengan kecepatan yang lumayan kencang. Asyiknya, jumlah perangkat yang bisa menggunakan akses internet di kamar tidak dibatasi. Saat digunakan oleh empat perangkat elektronik secara bersamaan, koneksi internetnya tetap lancar dan cepat.




Bagi tamu yang butuh menyetrika baju, di hotel ini tersedia ruang setrika di lantai 5 dan lantai 9. Lumayan ya untuk tamu-tamu yang menginap di hotel ini dengan tujuan bisnis, pekerjaan, atau ada acara resmi seperti menghadiri undangan di Solo, jadi bisa merapikan dan meyetrika dulu pakaian yang akan digunakan untuk acara. Kalau kami sih tujuannya hanya traveling, jadi tidak perlu pakai baju rapi dan licin. Hehe.



Kamar mandi berukuran cukup lega. Di dalamnya terdapat toilet, wastafel, serta area shower yang terpisah dalam boks kaca. Air panas mengalir lancar baik di area shower maupun wastafel. Alat mandi tersedia lengkap, dengan sabun dan shampo 2 in 1 dalam wadah dispenser. Perangkat pengering rambut tersedia di dinding samping wastafel. Handuk yang tersedia di kamar mandi hanya satu macam saja, yaitu handuk lebar untuk mengeringkan badan setelah mandi.  Tidak ada handuk ukuran sedang maupun yang kecil ukuran sapu tangan. Yang agak aneh, handuk mandi dan sandal kamar tersedia untuk dua orang, namun sikat gigi hanya ada satu :D




Restoran

Restoran hotel ini terletak di lantai satu, di sebelah lobi. Saat jam sarapan makanan yang tersedia cukup lengkap, mulai makanan pembuka sampai penutup tersedia di sini. Main course-nya adalah makanan Indonesia, berupa nasi/nasi goreng beserta lauk pauknya, dan ada juga booth soto dan bubur.



Minuman juga banyak ragamnya. Mulai yang standar macam teh, kopi, jus, hingga minuman yang anti mainstream macam jamu pun ada. Yang saya suka, di sini ada mesin pembuat kopi otomatis, semacam mesin kopi yang ada di gerai minimarket modern itu, tapi dalam versi lebih kecil. Jadi saat sarapan saya bisa menikmati secangkir cappuccino ala cafe, bukan hanya kopi hitam seperti yang umumnya tersedia di resto hotel.



Satu hal lagi yang saya suka, di hotel ini si Bocah yang usianya 11 tahun masih dapat fasilitas free breakfast. Kami senang dong dapat yang gratis. Hihi. Rasanya baru kali ini kami menginap di hotel yang memberikan fasilitas free breakfast untuk anak sebesar si Bocah. Biasanya anak usia di atas 5 tahun sudah harus membayar penuh untuk tambahan breakfast.

Fasilitas Lain

Kolam renang di Ibis Styles Solo ini ada dua buah. Satu berupa kolam bulat dangkal untuk anak-anak dan yang satunya lagi kolam besar dan lebih dalam sehingga bisa digunakan oleh orang dewasa. Kolam renang ini digunakan bersama-sama dengan tamu-tamu Novotel, hotel yang lokasinya bersebelahan dengan Ibis Styles Solo. Kedua hotel ini memang berada dalam satu grup bisnis yang sama, yaitu Accor International. Dan karena keduanya berada di lokasi yang sama (letaknya bersebelahan), maka fasilitas kolam renang dan fitness centre pun penggunaannya bersama-sama untuk para tamu di kedua hotel tersebut.

Kolam dangkal untuk anak-anak

Kolam yang lebih dalam, bisa digunakan oleh orang dewasa

(Baca juga : Review Hotel The Sidji Pekalongan )

Di hari pertama kami datang di saat belum waktunya check in. Staf resepsionis dengan ramah mengurus proses check in kami, namun kami belum bisa langsung masuk kamar dikarenakan kamarnya belum siap. Akhirnya kami menitipkan ransel-ransel kami karena mau langsung berkeliling kota Solo tanpa menunggu kamar siap dulu. Kami lalu diberi semacam kartu untuk pengambilan barang nanti. Di hotel ini ternyata disediakan ruangan khusus untuk para tamu menitipkan barang. Di ruang tersebut bahkan ada yang menitip sepeda! Ternyata di minggu itu bertepatan dengan event sepeda Audax Solo, dan rupanya banyak peserta yang menginap di Ibis Styles Solo ini. Tiga tahun yang lalu di Jogja saya pernah mengikuti event yang sama, dan memang banyak sekali peserta dari luar kota yang mengikuti event tersebut.

Mesin semir sepatu, lokasinya di lantai 1 seberang lift

Pengalaman kami menginap dua malam di Ibis Styles Solo ini terasa menyenangkan. Meskipun di awal saya merasa kesulitan untuk menghubungi pihak hotel via email dikarenakan tidak ada alamat email yang dicantumkan di website mereka. Jadi begini, karena saya melakukan pemesanan kamar via agen travel online, saya jadi merasa perlu untuk melakukan konfirmasi ke pihak hotel. Saya pernah membaca pengalaman orang yang memesan lewat pihak ketiga dan ternyata saat ia sampai di lokasi hotel, pesanannya tidak masuk ke dalam sistem. Akhirnya ia terpaksa harus mencari hotel lainnya karena hotel tersebut penuh. Sejak membaca itu,  jika saya memesan kamar via pihak ketiga, saya selalu mengirimkan email konfirmasi ke pihak hotel untuk memastikan bahwa pesanan saya sudah masuk ke dalam sistem mereka. Browsing sana sini namun alamat email Ibis Styles Solo tetap tidak bisa saya temukan, akhirnya saya menelepon pihak hotel. Agak ribet ya di zaman serba online seperti sekarang, saya masih harus mengangkat telepon untuk mengontak pihak Ibis Styles Hotel. Saat diminta memberikan feedback mengenai layanan hotel, saya sampaikan keluhan saya ini dan pihak hotel menanggapi dengan baik keluhan saya. Semoga ke depannya mereka benar-benar melakukan perbaikan ya :)


- arry -



Ibis Styles Solo
Jl. Gajah Mada No 23, Timuran, Banjarsari, Solo.
Telp : 0271 - 724555











You Might Also Like

34 komentar

  1. Lengkap banget infonya ... Bisa jadi referensi bila suatu saat perlu😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mbak. Siapa tahu nanti berencana liburan di Solo dan butuh referensi penginapan ya mbak :)

      Hapus
  2. Saya orang Solo, tapi belum pernah lihat Hotel Ibis :D
    Mungkin jauh ya. Saya tinggal di daerah kerten. Hotel yg biasa sy dan keluarga inapi kalo pas mudik Solo ya di Quality dan Swiss Bell.
    Tapi dari reviewnya kayaknya ok juga. Mungkin nanti satu waktu mampir nginap disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, Ibis Styles Solo bisa dijadikan alternatif menginap. Kami sekeluarga sih puas menginap di sini :)

      Hapus
  3. Hheemmm, kekinian banget sih hotelnya, kalo aku kesana pasti pepotoan sampe elek (jelek). Looknya cakep banget sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuusss mbak, nginep sana trus pepotoan sampe habis space memory kameranya :)))

      Hapus
  4. Reviewnya lengkap, dan sepertinya pengalamannya menyenangkan. Bisa buat referensi kalau jalan2 ke solo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mbak Sapti, pengalaman kami menyenangkan sekali nginep di sana

      Hapus
  5. Jadi pingin staycation di solo, selama ini blum pernah nginep sana. Tar nyoba ibis aah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru sekali ini nginep di Solo mbak Yo, biasanya cuma toktak pulang hari doang kalo ke sana :D

      Hapus
  6. Hotel ini masih sering kasih promo atau diskon gitu gak? Kan lumayan kalau mau buat acara seru dengan banyak orang bisa booking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau Kak kalo soal promo atau diskon. Tempo hari daku pesen via ***veloka dan pas kagak ada promo apa-apa. Syedih yak :D

      Hapus
  7. wiii.. kpn2 cb ksini.. soal food nya gmn mbak? ada paket dinner dll gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket dinner, ada. Tapi gak coba, soalnya sibuk wiskul di solo. Hihi. Makan di hotel cuma pas breakfast aja :D

      Hapus
  8. Mbak, nyetrika bajunya bayar lagi nggak? Kok keren ada fasilitas semir sepatunya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami gak coba sih mbak. Tapi sepertinya gak bayar lagi krn itu fasilitas dr hotel. Iya, baru kali ini aku jg liat ada hotel yg sedia fasilitas semir sepatu segala :D

      Hapus
  9. Lihat desain dan suasana bagian lobi Ibis yang di Solo ini, rasanya akan sangat sayang kalau dokumentasinya gak all out ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bagus itu lobinya. Nuansa etnik, banyak gambar2 wayang gitu.

      Hapus
  10. Wah, nyaman banget hotelnya..pasti kerasan deh nginep disini

    BalasHapus
  11. Wahhhh arsitektur dan perabotan di kamarnya lucuw banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes lucuw bingit. Jadi pingin mbungkus bawa pulang. #ehGimana :))))

      Hapus
  12. Kerjaanmu mbak . Dolan wae. Kan mingin2i aq jadinya .😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dolanku ki justru terbatas mbak, terbatas sama liburan anak sekolah. Hiks.

      Hapus
  13. IBIS selalu keren ya mb pemilihan warna-warna untuk interiornya, bikin betah buat pepotoan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap-siap kosongin memory hape/kamera ya mbak kalo ke sini :D

      Hapus
  14. Bisa jadi hotel rekomendasi pas main ke Solo nih. Makasih Mbak infonya.

    BalasHapus
  15. hotelnya bagus banget! so well decorated, kapan kapan mau kesini juga ah~

    BalasHapus
  16. Kalo ke Solo bisa nih cobain nginep di sini aja. Mayan, udah ada insight dari Mbak Arry muehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mbak. Ntar abis nginep sana, cerita-cerita juga ya.

      Hapus
  17. Wah makasih rekomendasinya mba, cuzz ibis style kl ke Solo lagi. Mau cobain semir sepatunya, unik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Ibis Styles ternyata mau nyoba mesin semir sepatunya ya, bukan mau nginep. Hahaha

      Hapus