(Hari 3) - Ngebolang Bareng Bocah : 3H2M di Kuala Lumpur, Kemana Aja?

( Baca juga petualangan kami di Kuala Lumpur di hari pertama dan hari kedua )



Spot wajib foto :D
Kemana Aja ?
Hari 3 :

Di hari terakhir ini, sebelum check out hotel kami menyempatkan berkunjung ke Dataran Merdeka dan Masjid Jamek. Dari KL Sentral kami naik LRT Kelana Jaya dan turun di stasiun Masjid Jamek. Di stasiun ini kami kesulitan mencari petunjuk arah. Ternyata ada beberapa pintu keluar dan kami bingung pintu mana yang harus dipilih. Akhirnya setelah bertanya ke petugas informasi, kami pun bisa sampai di Masjid Jamek. Kami hanya berfoto di bagian depan masjid saja. Di beberapa bagian masjid terlihat sedang direnovasi.

Masjid Jamek

Bagian dari halaman depan Masjid Jamek

Masuk masjid cuma boleh buat shalat aja

Motret cuma boleh di area sini

Dari Masjid Jamek tidak terlihat petunjuk arah menuju Dataran Merdeka. Untungnya saya sudah sempat browsing dulu mengenai arahnya. Kalau dari depan Masjid Jamek (kita menghadap ke jalan raya dan posisi masjid di belakang kita) ambil jalan ke arah kiri, terus lurus sampai ketemu lampu merah lalu belok kiri. Tidak jauh dari situ akan terlihat sebuah lapangan luas dikelilingi bangunan-bangunan tua, tempat itulah yang dinamakan Dataran Merdeka. Hari itu karena hari minggu, di area Dataran Merdeka diselenggarakan car free day. Banyak masyarakat datang menggunakan sepeda.

Lagi ada CFD, banyak yang sepedaan

Bangunan Sultan Abdul Samad

Tampak depan Bangunan Sultan Abdul Samad
Tujuan utama saya ke Dataran Merdeka ini ingin berkunjung ke KL City Gallery. Sayangnya saat kami datang City Gallery nya masih tutup. Ditunggu sampai jam 9.00 belum buka juga, akhirnya ya cuma foto-foto aja di bagian depannya yang ada tulisan I Love KL. Entah jam berapa sebenarnya City Gallery ini buka, karena di web resminya tercantum jam buka 9AM-6.30PM, tapi kenyataannya jam 9.00 masih belum terlihat tanda-tanda akan buka. Hehe. Berhubung kami belum check out dari hotel dan khawatir ketinggalan pesawat (waktu pulang dari Singapura bulan Agustus tahun lalu kami nyarissss ketinggalan pesawat), maka acara berkunjung ke KL City Gallery ini kami skip saja. Sayang sih sebenarnya karena berdasarkan informasi yang saya dapat, di tempat ini kita bisa dapat penjelasan lengkap mengenai sejarah negara Malaysia.


Muzium Tekstil Negara

KL City Gallery
  
Akhirnya kami melanjutkan acara jalan-jalan, melihat-lihat area sekitar Dataran Merdeka. Di lapangan terlihat sedang ada upacara. Saat bertanya pada seorang pengunjung yang merupakan warga setempat, ternyata upacara yang sedang berlangsung tersebut adalah upacara pengibaran bendera dan upacara tersebut dilakukan 2 minggu sekali.

Lapangan di Dataran Merdeka. Dikelilingi bangunan-bangunan tua.

Lapangan di Dataran Merdeka

Upacara pengibaran bendera. Diselenggarakan 2 minggu sekali.

Saat kami beranjak dari Dataran Merdeka jam menunjukkan pukul 9.30. Di jalan menuju stasiun LRT terjadi dialog ini dengan si Bocah, yang menurut saya ini 'nyesss moment' banget :

"Kak, kamu seneng gak diajak jalan-jalan liat negara lain kayak gini?"
"Seneng. Seneng banget."
"Kenapa?"
"Soalnya aku jadi bisa liat budaya negara lain yang berbeda dengan negara kita."
"Menurut kamu kalau liat yang berbeda itu sikap kita sebaiknya gimana?"
"Ya harus dihargai dan dihormati dong, Nda."

Ah......rasanya nyesss banget di hati begitu denger jawaban spontan dan polos itu keluar dari mulut bocah 9 tahun ini. Biarpun jawabannya textbook banget ya, sesuai dengan panduan buku PPKn. Hahaha (sisi positifnya, berarti dia menyimak baik-baik waktu gurunya menerangkan pelajaran PPKn :D ). Bolehlah saya merasa sedikit lega dan menaruh harapan besar bahwa di tangan generasi penerus ini persatuan dan kesatuan NKRI masih akan tetap terjaga. Wong budaya negara lain yang berbeda saja harus dihormati, apalagi budaya suku-suku lain yang begitu beragam di negara kita kan. *tsaaahhh......emak emak MODE ON dah ini mah :D

Air mancur di salahsatu sudut Dataran Merdeka


Sesampainya di hotel kami langsung mengambil barang-barang di kamar lalu melakukan proses check out. Selanjutnya kami menuju konter tiket Skybus yang terletak di KL Sentral. Jam menunjukkan pukul 10.40 ketika bus perlahan bergerak meninggalkan KL Sentral menuju KLIA2. Selamat tingggal, Kuala lumpur! Sampai bertemu lagi ya. Ada semacam keyakinan di hati saya kalau suatu saat saya akan datang lagi ke kota ini, entah untuk berkunjung atau transit menuju negara lain. Pede banget ya, hahaha......tapi di-amin-kan saja dulu lah ya, semoga semesta mendukung :)


- arry -


Kuala Lumpur City Gallery
No 27, Jalan Raja, Dataran Merdeka, 50050 Dataran Merdeka,
Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia
 Phone : +60 3-2698 3333



Cerita lainnya saat kami ngebolang 3H2M di Kuala Lumpur :
Review Easy Hotel, Kuala Lumpur

You Might Also Like

0 komentar