Review Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta


Sebuah pesan masuk ke ponsel saya, seorang sahabat dari Jakarta mengabarkan kalau dirinya sedang dalam perjalanan menuju Jogja untuk menghadiri workshop kantornya. Dia bilang, workshop-nya diselenggarakan di Hotel Royal Ambarrukmo, namun dia dan timnya menginap di hotel seberang Amplaz, yaitu Grand Ambarrukmo. Obrolan kami berlanjut, hingga akhirnya ditutup dengan kalimat yang membuat saya bergegas packing.

"Aku tidur bareng temenku, Ry, jadi ini ada kamar kosong. Pake aja kamarnya, biar si Kakak juga bisa berenang di sini."

Wuhuuuu.....tawaran staycation gratis di hotel bintang 4, tentu tak baik kan kalau disia-siakan. Hahaha.
Area lobi hotel

Lokasi hotel Grand Ambarrukmo ini cukup strategis, berada di jalan utama yang ramai, yaitu Jl. Laksda Adisucipto atau lebih dikenal oleh orang Jogja dengan nama Jl. Solo. Lokasinya di seberang persis mall Ambarrukmo Plaza, jadi memudahkan untuk para tamu yang menginap di hotel ini untuk membeli aneka kebutuhan yang lupa dibawa saat traveling ke Jogja. Di sekitar hotel Grand Ambarrukmo juga banyak tempat yang menjual makanan, jadi banyak alternatif pilihan andai bosan dengan makanan hotel. Salah satu rekomendasi saya untuk makanan malam hari adalah sop kaki kambing. Dari hotel ini berjalanlah sekitar 100 meteran ke arah timur, di situ lokasi warung tendanya.

Baca juga : Review Hotel Grand Aston Yogyakarta, hotel di Jogja yang dekat dengan tempat makan dan departement store.


Kamar Tidur

Kamar yang kami tempati berukuran cukup luas dengan jendela menghadap ke timur. Karena cukup luas, jadi area untuk shalat bisa leluasa. Kasurnya berukuran queen size dengan 4 buah bantal empuk. Sprei dan sarung bantalnya putih bersih. Dinding kamar bersih dari ornamen hiasan apapun, kiranya hotel ini mengusung tema minimalis.



Fasilitas di kamar tidur standar seperti hotel bintang 4 lainnya : lemari baju, brankas, meja tulis + kursi, TV layar datar, kulkas kecil, dan sebuah kursi untuk duduk santai di dekat jendela. Teko pemanas air beserta pilihan minuman kopi dan teh serta pernak-perniknya, tersedia lengkap. Makanan dan minuman di minibar juga ada, dan seperti biasa, tidak pernah saya sentuh. Hehe. Air mineral dalam botol 600 ml tersedia gratis setiap hari. Koneksi internet tersedia gratis dengan kecepatan lumayan tinggi untuk sekedar browsing dan main medsos.



Saklar lampu di kamar sudah tidak menggunakan tombol, melainkan layar datar yang cukup disentuh saja

Kamar Mandi

Toiletries tersedia lengkap di hotel ini. Kalau ingin praktis, tidak perlu membawa toiletries dari rumah saat menginap di sini, kecuali sikat gigi mungkin ya. Seperti hotel lain pada umumnya, sikat gigi yang tersedia memiliki bulu sikat yang keras. Kalau saya sih biasanya bawa sendiri sikat gigi dari rumah kalau menginap di hotel. Di kamar mandi tersedia hair dryer, jadi cukup memudahkan untuk yang berjilbab seperti saya saat keramas dan butuh cepat mengeringkan rambut.



Ukuran kamar mandi cukup lega, dengan boks shower kaca di dalamnya. Air panas mengalir lancar di ruang shower dan wastafel. Handuk di kamar mandi tersedia dalam 2 ukuran, masing-masing berjumlah 2 buah. Slippers juga tersedia sebanyak 2 pasang, diletakkan di area kamar tidur.


Restoran

Menu breakfast yang tersedia cukup lengkap meliputi makanan Indonesia, Western, dan Jepang. Makanan pembuka dan penutupnya juga terdiri dari banyak pilihan. Dan yang terpenting, rasanya enak-enak. Favorit si Bocah adalah aneka sosis goreng dan kentang, sementara saya tak pernah melewatkan untuk memesan omelet saat sarapan di hotel.



Pilihan saladnya termasuk lengkap. Aneka sayuran dengan beberapa pilihan salad dressing tersedia di sini. Yang tidak boleh dilewatkan saat sarapan di hotel ini adalah aneka roti dan pastry-nya. Duh, enak-enak semua.


Kolam Renang

Walau si Bocah tak sempat mencicip nyebur di kolam renangnya, tapi saya sempatkan untuk memotret kolam renangnya untuk dokumentasi di blog ini. Hehe. Kolam renang berada di lantai 5, ukurannya cukup luas. Hari itu karena bukan weekend jadinya sepi, tidak ada tamu yang berenang di pagi hari itu. Untuk menuju kolam renang ini menggunakan lift yang berbeda dengan lift menuju kamar-kamar. Di hotel ini lift-nya menggunakan sistem tempel kartu kunci kamar, jadi pintu lift hanya terbuka di lantai kamar kita saja. Untuk ke kolam renang menggunakan lift yang ada di ujung, yang pengoperasiannya tidak memerlukan kartu.


Kesimpulan secara keseluruhan, menurut saya fasilitas dan layanan hotel ini sangat bagus. Bukan karena gratisan ya jadinya saya bilang bagus. Haha. Tapi memang pengalaman saya menginap di sini menyenangkan. Ditambah lokasi yang strategis di jalan arteri, dekat dengan mall dan tempat-tempat makan, saya rasa ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para traveler yang akan berkunjung ke Jogja untuk menginap di hotel ini. Jarak ke bandara juga tidak terlalu jauh. Sekitar 30 menit jika lalu lintas lancar maka kita akan bisa sampai ke bandara Adisucipto dari hotel ini. Mau jalan-jalan ke Tugu Jogja dan Malioboro? Dari hotel Grand Ambarrukmo ini tinggal berkendara ke arah barat sejauh kira-kira 3 km maka kita akan sampai di Tugu Jogja. Lalu lanjut ke arah selatan sekitar 1 km, sampailah kita di Malioboro. Cukup dekat, bukan?

Jadi gimana, sudah siap liburan lagi ke Jogja?

Baca juga : Review Hotel Innside By Melia Yogyakarta, hotel di Jogja yang juga dekat dengan Bandara Adisucipto.


- arry -




Grand Ambarrukmo
Jl. Laksda Adisucipto No 82, Caturtunggal, Depok, Sleman.
Telp : 0274 - 2800088 

You Might Also Like

0 komentar