Merawat Rambut Berhijab Dengan Azalea Inspired By Natur


Rambut wanita berhijab cenderung bermasalah? Menurut pengalaman saya pribadi, jawabannya : iya. Kondisi rambut tertutup hijab ditambah iklim tropis Indonesia yang lembab, sukses membuat rambut saya lepek, bau apek, dan mudah gatal di kulit kepala. Untungnya, saat mengikuti temu blogger bersama Azalea, saya mendapat pencerahan bagaimana sebaiknya merawat rambut berhijab agar terbebas dari masalah.

Beauty Dating With Azalea X Blogger Jogja

Di hari Minggu 25 November 2018 lalu saya berkesempatan hadir di acara Hijab Beauty Dating With Azalea Inspired By Natur yang diselenggarakan di Kunena Eatery. Sesi pertama acara ini berisi sharing mengenai permasalahan rambut yang dialami wanita berhijab. Pembicara di sesi ini adalah Mbak Eby, Asisten Brand Manager Azalea, bersama dengan Mbak Disma, seorang blogger Jogja. Di awal sesi Mbak Eby bercerita tentang produsen Azalea, yaitu PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika. Sebelumnya Godowangi dikenal oleh masyarakat Indonesia melalui produk perawatan rambut bermerek Natur yang sudah beredar di Indonesia sejak tahun 2000. Produk Natur dari Gondowangi ini terkenal sebagai produk yang menggunakan bahan-bahan alami.

Mbak Disma (kiri) dan Mbak Eby (kanan) saat membawakan acara di sesi pertama

Produk Azalea lahir dari pengamatan Gondowangi terhadap keluhan wanita berhijab di Indonesia tentang rambutnya. Berdasarkan survei, Gondowangi menemukan bahwa 8 dari 10 wanita berhijab di Indonesia mengalami masalah rambut lembab dan lepek, rambut rontok, dan juga rambut berketombe dan gatal. Solusi yang coba ditawarkan Gondowangi terhadap permasalahan rambut tersebut adalah dengan mengeluarkan produk shampo Azalea Inspired By Natur yang peluncuran perdananya di tahun 2016 silam. Dan di tahun 2018 ini Azalea mengeluarkan produk shampo baru yang terutama ditujukan untuk mengatasi masalah ketombe, yaitu shampo Azalea Anti Dandruff.

Rangkaian produk Azalea

Dari penjelasan Mbak Eby saya baru tahu kalau produk Azalea ini dibuat dengan bahan-bahan alami dan halal, yang inspirasinya berasal dari Thibun Nabawi, yaitu pengobatan mengikuti cara-cara Nabi Muhammad SAW ketika mengobati diri sendiri dan keluarganya. Kandungan bahan alami di dalam produk Azalea diantaranya adalah minyak zaitun, lidah buaya, dan ekstrak citrus. Keseluruhan bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk rambut agar kebersihan, kesehatan, dan kecantikannya senantiasa terjaga.

Sesi sharing peserta Beauty Dating with Azalea X Blogger Jogja

Di sesi ini Mbak Eby memberikan tips untuk wanita berhijab agar rambutnya terhindar dari masalah. Ternyata selain penggunaan produk yang tepat, cara kita memperlakukan rambut juga harus benar. Khusus untuk rambut berhijab, kuncinya adalah pastikan saat kita mengenakan hijab, rambut sudah benar-benar kering. Penggunaan hair dryer memang tidak dianjurkan, namun tetap lebih baik mengeringkan rambut dengan hair dryer daripada memaksakan menutup rambut dengan hijab padahal rambut masih basah atau baru setengah kering. Pilih setting panas terendah saat menggunakan hair dryer, dan beri jarak antara rambut dengan hair dryer saat proses pengeringan (posisi jangan terlalu dekat). Menurut Mbak Eby, yang paling baik adalah membiarkan rambut kita kering alami dengan diangin-anginkan. Untuk itu kita perlu memperbaiki manajemen waktu, atur waktu keramas agar kita tidak terburu-buru harus pergi di saat rambut belum kering benar.

Suasana Beauty Dating with Azalea X Blogger Jogja di Kunena Eatery

Di sesi kedua hadir seorang travel blogger dari Jogja, Dian Farida Ismyama, membawakan materi tentang Personal Branding. Menurut Mbak Dian, personal branding memungkinkan seseorang untuk menjadikan dirinya berbeda dengan cara konsisten mengekspresikan dan memanfaatkan nilai unik yang dirancang. Lebih lanjut Mbak Dian memaparkan bagaimana cara memulai membuat personal branding :

  1. Identitas inti : bisa didapat dengan bertanya pada orang lain tentang brand-mu, bisa juga diidentifikasi melalui minat dan ketertarikanmu, juga bisa dilihat dari tugas dan aktivitas keseharianmu.
  2. Bedakan dirimu : identifikasi target pendengarmu, apa yang membuatmu berbeda dari mereka, dan apa value-mu.
  3. Tunjukkan brand-mu : aktif di media sosial, bangun kredibilatas, beri tahu orang lain bagaimana kamu bisa membantu mereka.
Mbak Dian, pembicara di sesi kedua, mebawakan materi tentang Personal Branding.

Setelah sesi pertama dan kedua selesai, acara dilanjutkan dengan aneka games seru dan makan siang. Terakhir, rangkaian acara ditutup dengan sesi foto bersama. Terima kasih Azalea atas undangannya mengikuti acara yang seru dan penuh manfaat ini. Masih ditambah pula masing-masing dari kami mendapat special gift yang bisa dibawa pulang. Dobel deh senangnya. Isi special gift dalam goodie bag kami adalah 2 buah produk Azalea, yaitu shampo Azalea Anti Dandruff dan Azalea Hair, Hijab & Body Mist. Wah jadi nggak sabar ingin segera mencoba shamponya. Kalau mist-nya sudah coba disemprot-semprot sih sewaktu acara di sesi pertama :D

Peserta acara Beauty Dating with Azalea X Blogger Jogja

Special gift dari Azalea

Pengalaman Mencoba Shampo Azalea Anti Dandruff 

Sejak masih di Kunena Eatery saya penasaran dengan bau shampo hijab ini. Saya buka tutupnya, berusaha mencium wanginya, tapi tidak ada aroma apapun yang tertangkap hidung saya. Tentu saja, lubang botolnya terlalu kecil sih. Haha. Menurut Mbak Eby, shampo Azalea Anti Dandruff ini mengandung bahan alami minyak zaitun, ekstrak ginseng, dan mentol. Ketiga bahan ini bekerja secara sinergis :

  • Membersihkan dan merawat kulit kepala dan rambut tetap segar dan bebas lepek.
  • Menjaga kekuatan akar rambut.
  • Melembutkan rambut.
  • Memberikan efek cooling sensation (kulit kepala dan rambut terasa dingin/sejuk).

Shampo Azalea Anti Dandruff

Saat sudah di rumah, saya tuang isinya ke telapak tangan, hmmmm.....wangi ternyata. Teksturnya kental seperti shampo pada umumnya, dan warna coklatnya mengingatkan saya pada warna shampo Natur. Dulu saya adalah pengguna shampo Natur varian aloe vera dan yang anti ketombe. Keduanya saya pakai bergantian, buat variasi aja sih :D Tapi berbeda dengan Natur yang cenderung kuat bau jamunya, pada shampo hijab Azalea Anti Dandruff ini saya sama sekali tidak mencium bau jamu. Wanginya segar deh pokoknya, ada sedikit semriwing wangi jeruk.

Saat dioleskan ke rambut, busanya sedikit. Selesai meratakan shamponya ke seluruh bagian rambut kemudian saya bilas, lalu dikeringkan dengan handuk. Kebetulan rambut saya lurus dan pendek, jadi  tidak butuh waktu lama untuk mengeringkannya. Hari itu, setelah menggunakan shampo Azalea untuk pertama kali, tidak ada keluhan negatif yang saya rasakan pada rambut saya. Memang sebelumnya juga saya tidak ada masalah dengan ketombe, jadi tidak terasa ada perbedaan signifikan setelah menggunakan produk ini. Rambut saya memang mudah gatal terutama jika saya banyak berkeringat saat beraktivitas di luar ruangan, namun tidak berketombe.

Bisa dibilang rambut saya tetap baik-baik saja setelah keramas menggunakan shampo Azalea. Padahal waktu di acara temu blogger di Kunena Eatery, Mbak Eby sempat bilang bahwa saat memakai shampo Azalea jangan kaget jika awalnya rambut akan terasa kering. Itu tandanya shampo Azalea sedang melakukan proses detox untuk menghilangkan silikon yang menempel di rambut yang berasal dari produk perawatan rambut yang kita pakai sebelumnya. Namun saya tidak mengalami rambut kering seperti yang diceritakan oleh Mbak Eby tersebut, mungkin karena memang tidak ada silikon ya di rambut saya.


Setelah lebih dari 4 kali keramas menggunakan shampo hijab Azalea Anti Dandruff, rambut saya tetap baik-baik saja. Bahkan terasa lebih baik karena berkurang lepeknya dan berkurang gatalnya saat saya beraktivitas di luar ruangan di siang hari. Gatal baru terasa saat rambut kotor, memang sudah saatnya untuk keramas lagi. Jadi untuk kamu yang tipe dan jenis rambutnya kayak saya, lurus dan normal, produk shampo hijab anti dandruff dari Azalea ini cukup oke untuk dicoba. Apalagi harganya pun cukup terjangkau. Di supermarket dan toko-toko kosmetik produk ini dibanderol antara Rp.19.000 sampai dengan Rp.23.000. Tak hanya untuk rambut berhijab  saja, yang tidak menggunakan hijab pun bisa memakai produk ini demi mendapatkan manfaat dari bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya.

Pengalaman Menggunakan Azalea Hair, Hijab & Body Mist

Produk kedua yang menjadi special gift di dalam goodie bag kami adalah Azalea Hair, Hijab & Body Mist. Sejak awal membuka dus kemasannya, saya langsung suka dengan ukuran botolnya yang pas banget buat digenggam. Sama seperti shamponya, produk ini juga menggunakan bahan alami. Bahan-bahan tersebut terdiri dari minyak zaitun, ekstrak lidah buaya, dan menthol yang memberikan manfaat :

  • Mengharumkan dan menyegarkan rambut sehingga bebas bau lembab/apek dan lepek.
  • Mengharumkan kerudung/hijab.
  • Menutrisi dan merawat setiap helai rambut.
Saya sempat melongo takjub waktu Mbak Eby menerangkan bahwa produk ini memiliki fungsi 3 in 1, yaitu bisa digunakan di rambut, hijab, dan badan. Wah ternyata produk ini kecil-kecil cabe rawit ya. Walaupun kemasannya kecil, namun fungsi penggunaannya ternyata luas. 

Karena bisa digunakan sebagai hijab mist, saat di Kunena Eatery kami bersama-sama mencoba menyemprotkannya ke hijab yang kami gunakan. Wah, harum sekali. Aromanya ringan, saya suka dengan wanginya. Karena memiliki aroma yang senada dengan shamponya, maka kedua produk ini bisa digunakan bersamaan. Tidak khawatir wanginya akan "tabrakan".

Ah senangnya, akhirnya saya menemukan solusi untuk rambut saya yang sering bau apek terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Kalau sudah disemprot Azalea Hair, Hijab & Body Mist, saya bisa bilang bye bye bau apek. Selama ini, saat traveling rambut saya seringkali bau apek karena biasanya kami seharian jalan-jalan di luar ruangan, jadinya sulit menghindar dari keringat. Mulai sekarang sepertinya produk ini harus selalu dibawa terutama saat kami traveling. Ukurannya yang terbilang mungil membuatnya praktis untuk dibawa kemana-mana. Kalau kamu hobi traveling dan sering sebal dengan rambut yang bau apek, saya merekomendasikan produk ini sebagai teman perjalanan kamu.

Ukurannya pas untuk digenggam. Praktis buat dibawa traveling.

Buat kamu yang memiliki masalah rambut seperti ketombe, rontok, lepek, gampang bau apek, bisa coba menggunakan produk dari Azalea. Karena bahan-bahannya yang alami maka relatif lebih aman digunakan. Namun karena bahannya yang alami juga, maka hasilnya biasanya tidak instan. Harus sabar ya, karena untuk mendapatkan rambut sehat dan indah itu perlu proses. Bagi yang membutuhkan info lebih lanjut berkaitan dengan brand dan produk Azalea, silakan follow akun Instagram Azalea @azaleabeautyhijab dan like Facebook fanpage Azalea Beauty Hijab  ;)


- arry -



Azalea Inspired By Natur
PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika
Jl. Raya Pemuda Kav.713, Rawamangun, 
Pulogadung, Jakarta Timur
Telp : 021-4898016
Email : cs@gondowangi.com
Website : gondowangi.com


You Might Also Like

8 komentar

  1. Itulah... Aku tu suka ga sabar nunggu rambut kering, jd langsung pakai jilbab saja. Walhasil rambutku bermasalah... TFS mb... Besok nyoba azalea ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku pun sering baru setengah kering udah gak sabar langsung pake jilbab aja. Ternyata itu yg bikin masalah rambut berdatangan. Huhuhu

      Hapus
  2. Pakai produknya harus teratur ya Mbak, aku 4 kali pakai baru terasa efek positifnya 😃

    BalasHapus
  3. Pakai produknya harus teratur ya Mbak, aku 4 kali pakai baru terasa efek positifnya 😃

    BalasHapus
  4. Pakai produknya harus teratur ya Mbak, aku 4 kali pakai baru terasa efek positifnya 😃

    BalasHapus
  5. Kalau saya pas pertama kali coba langsung berasa adem. Rambut terasa ringan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mbak, cocok ya berarti pake Azalea ;)

      Hapus