Trans Studio Mini Maguwo Yogyakarta : Berani Uji Nyali?

Dynamic Duo siap menyelamatkan dunia :)))
(Photo by Sapti Nurul)

Bukaaaannnn.....ini bukan uji nyali hantu-hantuan ala acara TV Dunia Lain ya. Hahaha. Di Trans Studio Mini Maguwo uji nyalinya bikin jantung mau copot, tapi nggak bikin bulu kuduk berdiri kok :D

Minggu sore di pekan ketiga bulan Juni, saya dan beberapa kawan blogger Jogja mendapat kesempatan mencoba berbagai wahana permainan di Trans Studio Mini Maguwo. Dan senangnya, Si Bocah diizinkan ikut. Wah tentu saja matanya berbinar senang saat saya bilang mau ajak dia ke Trans Studio Mini.

Sekilas Tentang Trans Studio Mini

Tiba di lokasi indoor theme park yang beralamat di Jl. Raya Solo Km 8 No 234 ini, kami bertemu dan berbincang dengan Pak Erik dan Mas Rendra selaku perwakilan dari Trans Studio Mini Maguwo. Dari penjelasan Pak Erik saya jadi tahu kalau Trans Studio Mini hingga saat ini sudah hadir di 39 lokasi di Indonesia. Setelah sukses dengan dua Trans Studio di Bandung dan Makassar, pihak Trans Corp selaku pengelola kemudian mengembangkan ide untuk membuat lebih banyak indoor theme park dengan ukuran lebih kecil dalam jumlah yang banyak. Tujuannya agar masyarakat Indonesia yang domisilinya jauh dari Bandung atau Makassar tetap bisa menikmati wahana permainan seperti di Trans Studio namun dalam versi lebih simpel.

Selain perbedaan ukuran luas area, perbedaan mendasar antara Trans Studio dan Trans Studi Mini adalah pada ketentuan tiket masuk. Jika untuk masuk ke dalam area Trans Studio pengunjung diwajibkan membeli tiket terusan, maka untuk masuk ke Trans Studio Mini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket apapun. Pengenaan biaya tiket hanya jika pengunjung hendak bermain di wahana yang tersedia. Untuk bermain di wahana Trans Studio Mini pengunjung perlu membeli kartu bermain seharga Rp.75.000 yang berisi saldo dengan jumlah yang sama. Untuk pemakaiannya, tinggal di-swipe di mesin dan saldo akan berkurang sejumlah harga permainan/wahana yang dimainkan.

Kartu bermain yang bisa digunakan di semua site Trans Studio Mini

Jika saldo habis, maka kita bisa melakukan top up di kasir. Untuk top up ini banyak promo yang ditawarkan, terutama saat akhir pekan. Banyak keuntungan yang didapat jika kita mengambil Promo Weekend Seru ini, sebagai contoh : dengan melakukan top up sebesar Rp.110.000 kita mendapat saldo Rp.115.000 dan bonus free 3 kali permainan videogames offline. Lumayan banget kan promonya. Oh ya, bagusnya si kartu bermain ini, dia bisa dipakai di semua site Trans Studio Mini. Jadi cukup punya 1 kartu saja, kita bisa main di Trans Studio Mini di berbagai kota. Praktis, dan nggak ribet. Kalau kamu tidak berminat membeli kartu bermain, aneka wahana di Trans Studio Mini ini tetap bisa dinikmati dengan membeli tiket per-wahana yang harganya mulai dari Rp.25.000.

Promo Weekend Seru di Trans Studio Mini Maguwo

Daftar harga permainan per-wahana di Trans Studio Mini Maguwo

Wahana Di Trans Studio Mini Maguwo

Selesai mendengarkan pemaparan Pak Erik, kemudian kami diajak berkeliling Trans Studio Mini Maguwo didampingi oleh Mas Rendra. Pada site tour kali ini kami mendapat penjelasan mengenai pengoperasian mesin-mesin wahana di Trans Studio Mini Maguwo. Berbagai wahana di sini dipesan dari sebuah perusahaan Jerman yang khusus memproduksi mesin permainan ekstrim yang digunakan di banyak theme park di dunia. Selain dari sisi keamanan mesin yang dibuat dengan standar safety tinggi ala Eropa, pihak Trans Studio Mini juga menetapkan aturan keselamatan yang ketat, salah satunya dengan menetapkan batas standar tinggi minimal pengunjung untuk naik wahana. Berbagai wahana di sini mensyaratkan tinggi minimal penggunanya adalah 110 cm, jika kurang dari itu maka tidak diizinkan untuk naik. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjamin keselamatan para pengunjung.

Untuk anak-anak yang ingin naik wahana, pastikan tinggi tubuhnya memenuhi syarat
minimun tinggi yang diperbolehkan ya, supaya aman.

Pada saat site tour ini kami diberi kesempatan mencoba tiga jenis wahana, yaitu Paris Swing, Bumper Car, dan Crazy Taxi Coaster. Yang saya suka kala mengikuti site tour seperti ini adalah kesempatan untuk masuk dan melihat lebih dekat di area yang biasanya tertulis 'dilarang masuk kecuali karyawan'. Asyik kan jadi tahu "dapur"-nya kayak apa. Hehe. Sebelum naik wahana-wahana ini, staf di tiap wahana menjelaskan pada kami bagaimana cara mereka mengoperasikan wahana yang menjadi tanggung jawabnya. Simpel sih sebenarnya, karena semua mesinnya sudah fully automated, jadi tinggal pencet-pencet tombol saja. Lagi-lagi dengan alasan keamanan dan keselamatan, tombol pengoperasiannya tidak hanya satu, melainkan ada serangkaian tombol yang harus dipencet satu persatu berurutan. Dan urutannya tidak sama di semua wahana. Ada mesin yang tombol start-nya ada dua buah dan harus ditekan bersamaan. Jika hanya satu yang ditekan, maka mesin tidak akan berfungsi. Lalu ada juga yang tombol start-nya harus ditekan dua kali berturut-turut baru mesinnya akan bekerja.

Seorang petugas sedang menjelaskan tombol-tombol dalam pengoperasian sebuah wahana

Paris Swing

Sesuai namanya, di wahana ini kita duduk di kursi ayunan dan berputar-putar di udara selama 4 menit. Untuk menambah keseruan, putarannya tidak hanya konstan, melainkan meliuk naik turun. Tiga putaran awal berhasil membuat perut saya terasa mual. Untungnya di putaran keempat tubuh saya sudah bisa menyesuaikan diri dan akhirnya saya malah berteriak-teriak kegirangan bareng Si Bocah yang duduk di kursi samping saya. Di wahana ini satu baris terdiri dari dua kursi berukuran besar dan kecil. Kursi kecil diletakkan di bagian dalam, diperuntukkan untuk pengunjung anak-anak atau mereka yang badannya mungil, sementara yang di bagian luar diperuntukkan untuk pengunjung dewasa. Kalau kamu merasa agak takut untuk naik wahana ini, pilihlah kursi di bagian dalam. Tapi kalau kamu ingin merasakan keseruan maksimal saat naik Paris Swing, kursi di bagian luar adalah pilihan terbaik. Sensasi 'terlempar di udara' bisa kamu rasakan maksimal jika kamu duduk di kursi bagian luar :D

Wahana Paris Swing buat kami yang ingin merasakan sensasi dilempar di udara

Bumper Car 

Di wahana Bumper Car alias bombom car ini meskipun tidak ada sensasi ngeri-ngeri sedap macam Paris Swing, tapi tetap ada keseruan di sini. Saya dan Si Bocah paling suka main bombom car karena di sini kami bisa ngebut tanpa takut ditilang. Hahaha. Belum lagi serunya saat mobil saling menubruk satu sama lain. Melihat ekspresi kaget pengemudi mobil yang kita tabrak itu lho, menyenangkan sekali :D Sama seperti Paris Swing, 1 sesi permainan di wahana Bumper Car ini berdurasi 4 menit.

Serunya main di wahana Bumper Car. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka bermain di sini.
(Foto kanan bawah milik Ima Satrianto) 

Crazy Taxi Coaster

Di wahana ini rombongan kami dibagi menjadi dua kelompok. Saya dan Si Bocah berada di kelompok yang mencoba wahana ini lebih dulu. Saya mengingat-ingat kapan terakhir kali naik wahana roller coaster semacam ini. Terakhir kali saya mengunjungi outdoor theme park adalah dua tahun lalu dan waktu itu pun saya tidak naik roller coaster. Wah berarti sudah lama sekali saya tidak naik wahana sejenis ini.

Siap-siap uji nyali di wahana Crazy Taxi Coaster :D
(Photo by Ima Satrianto)

Sebenarnya agak deg-degan sih waktu mau naik Crazy Taxi Coaster ini. Tapi saat petugas wahana menginformasikan bahwa roller coaster ini hanya akan berputar dua kali, ah sepertinya ini tidak akan terlalu seram, pikir saya. Hohoho.......ternyata saya salah! Wahana ini benar-benar jadi ajang uji nyali yang bikin jantung mau copot. Pokoknya saya berteriak sekencang mungkin saja supaya jantung saya nggak beneran copot. Hahaha. Yang penasaran seperti apa serunya wahana ini, boleh intip highlight Instastory di akun IG saya lho. Well, setelah dua putaran berada di rel yang menanjak tinggi, lalu turun curam, kemudian berbelok tajam, hingga badan terhempas keras ke kanan dan ke kiri, saya jadi mengerti kenapa kata 'crazy' disematkan pada nama wahana ini. Ya memang dia bikin kita teriak-teriak kencang seperti orang gila. Hahaha......seruuuuu!

Layanan Lain Yang Ditawarkan Trans Studio Mini Maguwo

Selain aneka wahana permainan, pihak Trans Studio Mini Maguwo juga terbuka untuk kerjasama dengan berbagai pihak. Kerjasama yang sudah pernah dilakukan dengan beberapa sekolah di Jogja adalah dalam bentuk penyelenggaraan acara seperti fieldtrip, acara tutup tahun sekolah, aneka lomba, dan lain-lain. Trans Studio Mini Maguwo juga acapkali dijadikan tempat penyelenggaraan acara family day perusahaan. Untuk kerjasama seperti ini pihak Trans Studio Mini Maguwo memberikan harga khusus bagi rombongan minimal 20 orang, yaitu mendapat kartu bermain seharga Rp.50.000 yang bisa bebas digunakan untuk naik wahana sepuasnya dalam durasi 1 jam.

Aneka permainan di Trans Studio Mini Maguwo

Aneka permainan di Trans Studio Mini Maguwo

Layanan lainnya yang ditawarkan Trans Studio Mini Maguwo adalah penyewaan ruangan untuk acara ulang tahun. Dengan harga paket Rp.2.500.000 fasilitas yang didapat berupa sewa ruangan dengan durasi 2 jam sudah termasuk MC dan sound system, makanan dan minuman (bisa pilih dari Yoshinoya atau McD), topi ultah dan undangan, kartu bermain senilai Rp.75.000, serta fasilitas bermain di wahana softplay selama 1 jam. Paket-paket lainnya juga tersedia di sini. Untuk detil infonya bisa ditanyakan langsung ke staf marketing Trans Studio Mini Maguwo via telepon di nomor 0274-2800671. Kalau untuk info up to date di Trans Studio Mini Maguwo, kalian bisa intip akun Instagram @transstudiomini_maguwo ya.


Jadi gimana? Kalian sudah ngincer wahana apa di Trans Studio Mini Maguwo yang akan dicoba weekend besok?


- arry - 




Trans Studio Mini Maguwo
Gedung Transmart Maguwo Lantai 3
Jl. Raya Solo Km 8 No 234
Maguwoharjo, Depok, Sleman
Telp : 0274 - 2800671

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ketagihaaaann ke sini, selain bisa bermain jg one stop shopping mall. Benar2 tempat rekreasi modern di Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa nonton juga ya Manda, ada bioskop CGV di situ. Lengkap banget wis.

      Hapus

Komentar Anda dimoderasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya :)

Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dan saya akan membalasnya. Sering-sering berkunjung ya, untuk mengecek dan membaca artikel lainnya di blog ini. Terima kasih. Maturnuwun. Thank you. Danke.