Menu Barbeque Unik Dari Negeri Samba di Innside Hotel By Melia Yogyakarta


Sebagai sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang jasa pariwisata, Hotel Innside by Melia Yogyakarta perlu selalu melakukan inovasi layanan. Ragam kreasi kuliner termasuk salahsatu yang harus selalu diperbaharui agar menarik minat pengunjung untuk datang. Setelah sukses dengan program Japanese-Korean BBQ di bulan Januari dan Mongolian BBQ di bulan Pebruari lalu, di bulan Maret ini Innside Hotel by Melia Yogyakarta memperkenalkan menu barbeque baru, yaitu Churascarria Brazilian BBQ. Dengan membayar Rp.138.000 net/orang, menu hidangan dari negeri Samba, Brazil, ini bisa dinikmati sepuasnya (all you can eat) setiap hari Sabtu mulai pukul 17.30 s/d 21.00 WIB.  Pengunjung bisa menikmati tidak hanya menu utama serba daging saja, namun appetizer dan dessert-nya juga lengkap tersedia di sini.


Sky Deck Pool & Bar
(Foto milik : Fendi Zuris)

Di deretan hidangan appetizer para tamu dapat menikmati Pao de Queijo, Vinagrete, dan Acaraje.  Pao de Queijo (cheese bread) merupakan makanan Brazil berbahan dasar tepung tapioka. Di negara asalnya menu ini biasa disantap sebagai snack atau untuk menu sarapan. Saat saya mencicipi Pao de Queijo ini, citarasa asin kejunya terasa sekali. Untuk mereka yang menggemari keju tentu akan menyukai makanan yang satu ini. Selanjutnya ada Vinagrete yang merupakan makanan terbuat dari campuran tomat, bawang, minyak zaitun, dan paprika. Makanan ini biasanya untuk teman salad, daging panggang, atau ayam bakar. Cita rasanya segar menurut saya, cocok dinikmati sebagai hidangan pembuka maupun disantap bersama-sama dengan aneka daging panggang yang menjadi hidangan utama menu barbeque ini. Yang terakhir ada Acareje yang terbuat dari kacang polong tumbuk yang dibentuk bola-bola lalu digoreng dalam minyak panas. Dalam penyajiannya makanan ini dibelah lalu diberi isian salad.

Pao de Queijo yang rasanya ngeju banget

Untuk menu utama di sini tersedia pilihan Frango a Passarinho (ayam goreng ala Brazil dalam potongan kecil-kecil), Moqueica Baiana (ikan laut yang dimasak dengan tomat, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar), Farofa de Ovo e Cebolinho (telur yang dimasak dengan campuran semacam tepung roti halus), Seafood Paella (nasi dimasak dengan campuran seafood berupa kerang dan udang), Roasted Potato (kentang panggang), dan 5 macam daging barbeque (daging kambing, daging sapi tenderloin, daging sapi sirloin, daging ayam, dan sosis sapi). Menurut penjelasan dari Chef Nurhadi, Executive Chef di Innside Hotel by Melia Yogyakarta, daging-daging ini diberi bumbu khusus dan di-marinate sehari sebelumnya agar bumbu meresap dan daging menjadi empuk. Daging ini dimasak dengan cara dipanggang namun tidak menempel langsung di api jadi bagian luarnya tidak gosong. Yang sedikit unik adalah cara penyajiannya dimana kelima jenis daging tersebut dibawa berkeliling oleh para pramusaji dan pengunjung yang berminat menyantap menu tersebut bisa mengangkat kertas bulat bertuliskan 'Go' di salah satu sisinya (pada saat datang kita akan diberi kertas bulat tersebut oleh staf hotel. Di satu sisi kertas tertulis Go dan di sisi lain tertulis Stop), lalu pramusaji akan menghampiri dan memotongkan daging di piring kita. Jika dirasa sudah cukup porsinya, kita bisa membalik kertas bulat tersebut ke posisi 'Stop' dan pramusaji akan menghentikan irisan dagingnya. Menurut Chef Nurhadi, begitulah cara orang Brazil menghidangkan menu barbeque.

Hidangan menu utama

Seafood Paella

Moqueca Baiana

Farova de Ovo e Cebolinho

Aneka daging panggang dan sosis

Jika porsi sudah dirasa pas, kertas bulat hijau itu dibalik menjadi 'Stop', sebagai penanda bahwa porsinya sudah cukup.

Untuk hidangan penutup para tamu bisa memilih Beijinho, Mousse de Maracuja, Brazilian Chocolate Pave, Bolo de Coco, Creme de Papaya, dan Coconut Flans with Coffee Caramel. Dari deretan menu hidangan penutup ini favorit saya adalah Bolo de Coco dan Coconut Flans. Bolo de Coco ini adalah kue bolu dengan taburan kelapa parut kering di atasnya. Rasanya tidak terlalu manis, pas sekali di lidah. Sementara Coconut Flans adalah puding yang terbuat dari campuran santan kelapa dan kopi espresso. Vla pudingnya terbuat dari campuran karamel dan kopi. Sebagai penyuka kopi, saya suka sekali dengan rasa puding ini.

Mousse de maracuja



Berbeda dengan program BBQ di bulan-bulan sebelumnya yang bertempat di Syndeo Cafe, untuk Churascarria Brazilian BBQ ini disajikan di Sky Deck Pool & Bar. Jadi pengunjung bisa bersantap sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam di rooftop hotel ini dan dihibur dengan Live DJ Performance. Jika berminat mencicipi menu BBQ ini, lakukan reservasi secepatnya, karena ada diskon 10% bagi mereka yang melakukan reservasi minimal seminggu sebelumnya. Asyik kan?! Oh ya, ada fasilitas yang asyik juga dari program Churascarria Brazilian BBQ ini, yaitu pengunjung mendapat fasilitas bebas berenang dan mendapat gratis minuman Caipirinha (minuman ringan ala Brazil, terbuat dari campuran soda dan irisan lemon). Untuk yang suka kumpul-kumpul, menghabiskan Sabtu sore bersama teman atau keluarga di sini bisa jadi alternatif pilihan yang menyenangkan.





- arry -



Reservasi :
Bisa datang langsung ke Innside Hotel by Melia di Jl. Pajajaran (Ringroad Utara), Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta (dekat Lotte Mart), atau bisa menghubungi nomor telepon 0274-6008888.



You Might Also Like

2 komentar

  1. Namanya susah2 diucapin yaaa :p. Eh tapi aku seneng nyicipin makanan2 dari berbagai negara gini. Walo kadang suka ga sesuai ama lidah, tp tetep ga pernah nolak kalo ada kesempatan nyicipin aneka kuliner dr tempat2 lain. Memperkaya rasa :D. Itu td yg rasa2 keju, kemungkinan aku bakal suka siH :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi....bener mbak, lidah sampe keriting pas nyebutin nama-nama menunya :)))) Enak-enak itu mbak yang menu keju-kejuannya. Yummmm

      Hapus