Ngebolang Bareng Bocah : 4H3M Singapura & Legoland Malaysia

Bulan Agustus 2016 lalu kami bertiga pergi ke Singapura dan Legoland Malaysia selama 4 hari 3 malam. Bermula dari keinginan melaksanakan janji pada Si Bocah untuk pergi ke Legoland, rencana perjalanan inipun mulai dibuat. Awalnya Si Ayah ingin menggunakan jasa tour travel dalam perjalanan ini supaya praktis. Tapi saya nggak setuju, karena lagi seru-serunya ngikutin grup di Facebook tentang backpacker-an ke manca negara, jadi kepingin praktek juga. Hahaha. Si Ayah setuju untuk melakukan perjalanan mandiri tanpa tour travel asalkan saya yang mengatur semua rencana perjalanan ini. Saya menyanggupi, dan mulailah saya mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai tujuan wisata kami.

Garis besar itinerary kami dalam perjalanan ini adalah sebagai berikut :
Day 1
- Bugis Street
- Perjalanan ke Johor Bahru by bus
Day 2
- Legoland
- seputaran JB Sentral
Day 3
- Perjalanan kembali ke Singapura
- Singapore Science Centre
- Gardens by The Bay
Day 4
- seputaran Bugis
- kembali ke Jogja

Simpel banget? Hehe........iya, soalnya kami traveling bareng Si Bocah dan perjalanan kali ini terutama diperuntukkan untuk dia, makanya tempat-tempat wisatanya dipilih yang berbau bocah banget dan diperkirakan dia bakal senang di situ. Legoland sudah pasti jadi tujuan utama kami di Johor Bahru. Di Singapura kami memilih mengunjungi Singapore Science Centre karena Si Bocah lagi senang dengan hal-hal berbau sains.  Awalnya kami merencanakan akan mengunjungi Children Garden di Gardens By The Bay, namun karena perjalanan Johor Bahru - Singapura memakan waktu lama karena macet, kami tidak sempat mengunjungi Children Garden di sore hari dan akhirnya hanya sempat menonton laser show di area Marina Bay Sand pada malam harinya.

Legoland
- Menurut saya tempat ini hanya cocok dikunjungi anak-anak sampai usia maksimal 10 tahun. Untuk anak-anak yang sudah remaja, permainan-permainannya akan terasa kurang menantang.
- Jangan lupa bawa payung, topi, dan juga oleskan tabir surya sebelum berangkat ke Legoland karena tempat ini panas sekali. Ada beberapa wahana bertema air di sini, jadi kalau berminat mencobanya, pastikan untuk membawa baju ganti dan juga alas kaki cadangan ya, kalau tidak ingin memakai baju/alas kaki basah dan berisiko masuk angin. Hehe.
- Tidak perlu membawa bekal makanan dan minuman, karena ada larangan membawa makanan dan minuman dari luar. Di pintu masuk tas kita akan diperiksa petugas. Beli makanan dan minuman di dalam, meskipun tidak murah banget, tapi nggak bikin kantong bolong juga kok. Harga-harganya masih reasonable kalau menurut saya.

Perlu tim yang kompak supaya bisa memadamkan api, dan kita berlomba dengan 3 tim lainnya.

Dari observation tower ini bisa terlihat seluruh kawasan Legoland Malaysia.

Di sini tugas kita nembak-nembakin mummy.
Kanan, skor si Ayah; kiri, skor saya. Keliatan kan siapa yang lebih jago main tembak-tembakan? :D

Fans-nya Starwars pasti betah deh berlama-lama di sini.

Miniatur bandara KLIA

Di Driving School dapat teori tentang berlalu-lintas.
Setelah selesai sesi praktek mengemudi, bisa bikin SIM dengan membayar RM 35.

Singapore Science Centre
- Kalau punya anak yang suka sains, tempat ini wajib dikunjungi. Anak-anak pasti suka mencoba aneka percobaan sains di dalamnya. Kalau di Jogja ada yang namanya Taman Pintar, tapi Singapore Science Centre kata anak saya lebih bagus dan jauh lebih lengkap. Saya sih setuju dengan pendapat dia :D
- Singapore Science Centre memiliki 4 area dengan tiket masuk berbeda-beda : Science Centre, Omni Theater, Kids Stop, Snow City. Kami hanya membeli tiket untuk Science Centre dan Omni Theater saja, seharga SGD 19 dewasa dan SGD 17 anak-anak, untuk kedua area tersebut.
- Dari awal saya nengok-nengok webnya sudah sangat tertarik dengan Omni Theater-nya yang berlayar dome. Nggak nyesel sama sekali beli tiket tambahan untuk masuk Omni Theater karena tempatnya keren banget.
- Sediakan waktu agak panjang untuk mengeksplor tempat ini. Saat kami di sana saya baru tahu klo di area outdoor ada taman bermain air yang bisa dinikmati gratis. Bagusnya bawa baju ganti ya klo mau menikmatinya.

Taman bermain air yang berada di luar gedung. Sayang kami baru tahu ada ini pas sudah ada di sini, jadi nggak nyiapin baju ganti si Bocah buat main air.

Di dalam Omni Theatre. Posisi kursinya setengah tidur dan layarnya dome, besar banget dari atas sampai bawah.

Percobaan sains yang berhubungan dengan angin dan udara.

Dawai yang berbeda ketegangannya akan menghasilkan suara yang berbeda-beda pula.

Ternyata susah lho menulis/menggambar dengan melihat cermin :D

4 anak dari 4 negara dengan bahasa ibu yang berbeda-beda, tetap bisa seru main bersama :)

Konyol-konyolan di cermin ajaib yang bisa gonta-ganti gambarnya :D

Nyobain VR, jadi tahu rasanya jadi naga yang bisa terbang tinggi :D

Wonderful Laser Show di Marina Bayfront Promenade

- Pertunjukan laser show gratis ini berlangsung 2x setiap malam, yaitu pukul 20.00 dan 21.30. Untuk weekend pertunjukan ditambah 1x lagi pd pukul 23.00.
- Ada beberapa lokasi untuk menonton laser show ini, namun kami memilih untuk menonton di area promenade di depan Marina Bay Sands. Area penonton di tempat ini sudah disiapkan berundak-undak sehingga penonton di area belakang pun tetap nyaman menyaksikan pertunjukan tanpa takut terhalang orang di depannya.
- Datanglah 15-20 menit sebelum pertunjukan dimulai supaya bisa memilih tempat sebelum penuh oleh pengunjung.
- Pendapat Si Bocah soal pertunjukan laser show ini : keren banget!

Area berundak tempat menonton pertunjukan Wonderfull Laser Show di Marina Bay Sands.  Dalam foto terlihat bangunan butik Louis Vuitton yang unik karena dindingnya terbuat dari kaca dan gedung Art Science Museum di sebelahnya yang juga tidak kalah unik bentuknya, menyerupai bunga lotus.
Wonderful Laser Show

Cerita mengenai transportasi dan penginapan kami selama di Singapuran dan Johor Bahru sudah saya tulis di artikel terpisah. Silakan diintip ya, siapa tahu infonya berguna :